Friday, December 9, 2016

Solusi Transaksi Antar Bank Tanpa Biaya Administrasi

Posted by with No comments
Akhirnya setelah menunggu sekian lama, kini FLIP hadir di Palembang. Buat kalian yang belum tau apa itu FLIP Molzania bakal bahas disini. Jadi FLIP itu ialah perantara transaksi online antar bank tanpa perlu dipotong biaya administrasi. Molzania tahu situs ini pertama kali dari temen Molzania sih. FLIP membantu banget buat kalian yang sering bertransaksi online antar bank karena FLIP akan otomatis menggratiskan biaya administrasi sekaligus menghemat uang kita,

Jujur, selama ini Molzania paling malas transaksi antar bank. Hal ini dikarenakan transaksi antar bank melalui Bank Mandiri contohnya, kita dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6500. Jumlah itu mungkin tergolong kecil, akan tetapi coba kalau kita per bulan bisa minimal transaksi sebanyak 10 kali. Maka uang kita akan terpotong sebesar Rp. 65.000. Sayang banget kan, semestinya uang sebesar itu bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya. Kalau kata temen Molzania, uang Rp. 6500 bisa dibeli es kacang merah. :D

Mau Menghemat juga ?

Makanya sebelum ada FLIP, Molzania selalu menghindari transaksi online selain bank Mandiri. Sebisa mungkin mencari celah untuk transfer antar Bank Mandiri saja. Biar gak terkena biaya administrasi. Kalau nggak mendesak, yah terpaksa transaksi batal. Kalau usaha apalagi belanja online kan nggak bisa gitu juga yaa, untung banget sekarang udah ada FLIP.

Hari ini barusan Molzania mencoba FLIP, ternyata prosesnya mudah banget. Cukup klik sana, klik sini, masukin informasi penerima, lalu kita tinggal transfer lewat m-banking ke bank FLIP yang sama dengan bank kita. Tunggu beberapa saat. Minimal 10 menit, FLIP akan mengecek transaksi kita terlebih dahulu. Dan like a magic, dana kita sudah tiba di rekening penerima tanpa biaya admin yang menyebalkan itu lengkap dengan bukti transfernya yang juga akan dikirim via email.

Transaksi dengan FLIP Berhasil

Cara kerja FLIP sebetulnya sederhana. FLIP ini bertugas sebagai perantara saja. Jadi FLIP membuka beberapa rekening di bank yang berbeda. Saat ini, FLIP menggunakan bank BCA, BNI, Mandiri, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI, Bank BRI Syariah, CIMB Group, Bank Muamalat, dan Bank CIMB Niaga Syariah. Ketika kita ingin mentransfer, kita cukup melakukan transaksi terlebih dahulu ke rekening FLIP yang sama dengan bank kita, lalu FLIP akan meneruskan uang kita ke rekening bank tujuan menggunakan rekening FLIP dengan bank yang sama. Sehingga kita pun jadi bebas biaya administrasi.

Rahasia Alur Transaksi dengan Mennggunakan FLIP

Soal keamanan FLIP sudah berlisensi Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/98. Seluruh proses transfer dilakukan dengan menggunakan sistem bank, sehingga uang kita akan sampai ke rekening tujuan dengan aman.

Tidak setiap orang bisa bertransaksi lewat FLIP. Untuk bisa menjadi pengguna yang terverifikasi, kita harus melakukan tatap muka dengan perwakilannya terlebih dahulu. Molzania dua minggu lalu sudah melakukan verifikasi dengan perwakilan FLIP di Palembang. Mereka biasa melakukan verifikasi di tempat-tempat yang strategis semisal di Mall atau Kambang Iwak. Jadwal tatap muka biasa diinfokan by email, Jadi kita harus sabar menunggu sampai perwakilan FLIP mampir di kota kita. 

FLIP ini situs inovatif buatan anak bangsa. Situs ini bentukan anak FASILKOM Universitas Indonesia. Karena anak UI terdiri dari berbagai daerah, maka mereka-mereka inilah yang kemudian menyebar untuk menjadi verifikator FLIP. Contohnya kalau untuk wilayah Palembang, namanya Kak Fara Sitki. Untuk wong Plembang yang ingin bergabung bisa menghubungi ke nomor ini 0813-1032-1030. Nanti kalian akan dimasukin ke grup Whats App "FLIP Goes To Palembang" disitu akan diinfokan jadwal tatap muka untuk verifikasi FLIP. Jadwalnya akan disesuaikan dengan jadwal mbak Fara bisanya hari apa dan dimana.

Sayang banget deh, kalau mengingat keuntungan memiliki FLIP, tampaknya di Indonesia belum begitu populer. Anggota dari Kota Palembang saja, belum sampai seratus. Namun, mungkin ini semua masih baru banget guys FLIP ini. Jadi masih banyak banget yang belum mengenalnya. FLIP juga masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut. Dengar-dengar sih transaksi hanya bisa diproses pada saat jam kerja FLIP. Dan tambahannya lagi, sebaiknya FLIP juga hadir dalam platform Playstore dan Applestore. Saat ini belum tersedia platform itu, jadi kita masih bertransaksi menggunakan FLIP lewat browser. Dan baru beberapa bank saja yang bisa dilayani FLIP, jadi kita kayaknya harus menunggu lagi jika ternyata bank kita belum terdaftar pada rekanan FLIP. 

Bebas Biaya Admin dengan FLIP

Sok langsung saja yuk capcus ke situs FLIP di www.flip.id, register akun disana, lalu cek jadwal verifikasimu. Verifikasinya cukup singkat, tak lebih dari dua menit. Kita cukup membawa KTP/SIM/Passport untuk memverifikasi, setelah itu kita bisa bebas menggunakan FLIP selamanya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya.. ^_^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...