Thursday, September 22, 2016

Belajar Tahsin Online di Dunia Antariksa

Posted by with No comments
Antariksa? Beneran? Iya beneran dong. Maksudnya itu Antara Maghrib Sampai Isya'. Bentuknya semacam perkuliahan tahsin online. Antariksa ialah komunitas tahsin bentukan Indonesia Mengaji buat kalian yang pengen serius belajar tahsin atau tilawah Al-Qur'an dengan tajwid yang benar tapi ribet mau keluar rumah atau banyak kerjaan seperti Molzania.
Logo Antariksa

Molzania baru sih gabung di komunitas Antariksa ini. Minggu kemarin baru aja kuliah perdana. Masuk komunitas Antariksa ini ternyata cukup sulit lho. Mungkin karena peminatnya banyak, jadi kita harus menunggu sekian bulan untuk bisa masuk tahun ajaran baru. Sistemnya beneran mirip kuliah.

Ada tiga jadwal yang bisa kalian pilih dan bisa kalian sesuaikan dengan waktu luang kalian:
  • Kelas Pagi dimulai hari Sabtu, Pukul 09.00 - 09.45 WIB
  • Kelas Sore dimulai hari Senin, Pukul 16.00 - 16.45 WIB
  • Kelas Malam dimulai hari Rabu, Pukul 20.00 - 20.45
Setelah berpikir, menimbang, dan menelaah, maka Molzania putuskan untuk ambil yang kelas malam. Jadi setiap rabu malam, Molzania dikirimin audio berisi materi tahsin yang dipelajari minggu itu. Tak hanya itu, Molzania juga disuruh membuat dua tugas yang wajib diselesaikan lalu dikirim ke nomor WA ustadzahnya. Pertama tugasnya itu meresume, jadi meringkas materi audio yang sudah diberikan. Kedua tugas koreksi bacaan,, jadi Molzania diminta mengaji surat tertentu lalu direkam via WA untuk dinilai tajwidnya apakah sudah benar atau belum. Waktu yang diberikan satu minggu untuk mengumpulkan tugas, jadi gak perlu terlalu tergesa-gesa deh.

Antariksa ini dibentuk kaya sistem kuliah beneran. Ada program ekstrakurikulernya juga. Namanya Roket Antariksa, disana itu seperti ekskul rohis, kita bakal diberi macam-macam tausiyah harian, bimbingan tajwid dan tahfidz, juga ada bimbingan pernikahan juga. Lengkap. Kalo kuliahnya namanya itu Antariksa Mengaji. Ada tiga kelas disini; kelas materi, kelas GKB (Giliran Koreksi Bacaan), dan kelas kuis. Disini kita bakal diberi materi seluk beluk tahsin, mulai dari dasar hingga tingkat mahir.

Program Antariksa sendiri terdiri dari lima level. Molzania memilih level dasar. Kalau di modulnya sih adanya cuma tiga level. Tapi kemarin di grup WA dikasih penjelasan totalnya ada lima level. 

Buat yang sudah mahir, bolehlah memilih kelas Beasiswa ketimbang kelas Reguler kaya Molzania. Tapi untuk masuk kelas Beasiswa sangat sulit, syaratnya IPK harus diatas 3,5 setiap semester, terus kalau udah tamat wajib menjadi pengajar Antariksa selama tiga bulan. Kalau gagal tes atau nilainya turun, maka akan dipindahkan ke kelas reguler. Adapun syarat kelas reguler aja nih, IPK wajib minimal untuk bisa lulus ke level berikutnya itu >2,75. Kalau gak lulus maka mengulang kelas, dan kalau ga ada kabar berita terancam di DO. Gak tahu deh berapa IPK nanti Molzania hauhahah....


Kurikulum Antariksa

Kalau sudah tamat, kita bakal diberikan Ijazah dan Transkrip Nilai. Kira-kira bisa digunakan untuk melamar pekerjaan gak ya? Xixixii... terus gelarnya apaan coba? wkwkwk...

Ijazah dan Transkrip Alumni Antariksa


Kuliah di Antariksa untuk jalur reguler tidak gratis. Tapi biayanya super duper murah kok. Per level dipatok hanya Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000. Lima level total biayanya hanya Rp. 100.000. Lama per level 4,5 bulan. Jika sudah menginjak semester terakhir ada PKLnya juga loh. Molzania belum dapat gambaran seperti apa PKLnya. Tapi seru sih membayangkannya hauhahaa.. So, Molzania dapet ide sehabis lulus kuliah tahsin di Antariksa, Molzania bakal dapet gelar baru. Tebak apa? GM! alias guru mengaji sesuai dengan visi misi Antariksa yang hendak membuat rakyat Indonesia punya minimal 1 guru mengaji dalam 1 rumah. :p
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...