Thursday, September 29, 2016

Awas Tertipu Lowongan Kerja Online ! Kenali ciri-cirinya..

Posted by with 1 comment
Di suatu pagi yang tenang dan cerah ceria, sebuah sms masuk ke hp Molzania. Isinya sangat mengejutkan. Bahwa Molzania telah dipanggil untuk mengikuti seleksi tes wawancara, kesehatan dan psikologi BUMN Perum Peruri. Siapa coba yang tidak bahagia? Secara selama ini Molzania selalu gagal di seleksi berkas dan administrasi saat melamar di BUMN. Kebayang nanti bakalan bekerja sebagai karyawan di Perusahaan Umum Percetakan Negara RI yang isinya duit semua. Hohohoo... Karena disanalah semua duit rupiah berasal. :O



Ya ampun gilaa... perjuangan Molzania gak sia-sia. Dulu sempat hopeless, gara-gara gagal seleksi berkas di BPJS. Ini akhirnya keterima gitu di BUMN. Hauhahaa... bakalan kerja di Jakarta nih. Dapet duit sekian juta. Ngekos sendiri. Ngirim uang sekian ke orangtua. Berasa semua bakalan indah dan berjalan mulus. Apalagi setelah cek di email emang beneran ada tuh surat.

Antara waswas diterimanya kira-kira di bagian apa ya? Akuntansi atau desain grafis? Karena  dulu juga pernah ikutan di perusahaan apa gitu lupa, BUMN juga, tapi ambil desain grafis. Kalau gak salah sih juga ingat pernah ngelamar di Perum Peruri awal September tadi. Lupa tapi bagian apanya. Baca-baca emailnya nih dia. Nama Molzania ada di nomor tiga. Dan Minggu ini bakal diundang ke Jakarta tanggal 2, 3, dan 4 Oktober 2016.



Yang lebih menggembirakan lagi, nama Molzania ada di urutan ketiga dari dua puluh orang yang lolos tahap seleksi pertama. Wah speechless banget. Mana tulisannya disana akomodasi dan transportasi ditanggung lagi. Siapa yang nggak senang? Molzania sih senang banget. Pas baca-baca lagi, Molzania hanya disuruh mengirimkan uang sebesar Rp. 767.000 untuk Medical Chek up. Plus juga disuruh menelepon petugas rumah sakitnya. Dari sini mulai ngeh sih kok seleksi BUMN diminta bayar-bayaran gitu. Tapi arrgghh... kapan lagi gitu Molzania bisa dapat panggilan tes BUMN kayak gini. Lanjutt aja terus yukk...


Yang buat Molzania percaya ialah:
  1. Alamat emailnya benar-benar meyakinkan. Karena berdomain contact@perumperuri.co.id. Setau Molzania domain co.id bukanlah domain sembarangan. Harus ada persyaratan berkas tertentu seperti akta perusahaan, dsb disaat ingin membuat website dengan domain tersebut. 
  2. Ada poin penting yang dijelaskan dalam email sebagaimana berikut:
Mengingat maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan BUMN dengan ini kami sampaikan bahwa semua biaya yang menyangkut Transportasi dan Akomodasi peserta sepenuhnya ditanggung oleh BUMN Perum Peruri baik untuk peserta dalam maupun luar kota. BUMN Perum Peruri tidak pernah menunjuk atau bekerjasama dengan agen travel tertentu dalam proses recruitment ini, setiap peserta akan mendapatkan fasilitas tiket pulang pergi (PP) efektif diberikan 1 hari sebelum keberangkatan.

Molzania langsung heboh memberitahukan ke semua orang saking senangnya. Gimana nggak ini seleksi BUMN pertama yang lolos muehehee... langsung Molzania sms konfirmasi bahwa Molzania bersedia dipanggil rekrutmen ke nomor yang tertera di surel. Dan inilah hasilnya..

Molzania disuruh segera menghubungi pak Romi Haryadi. Padahal Molzania sendiri belum tahu keterima di divisi apa gitu. Kalau tahu kan enak bisa belajar-belajar terlebih dahulu sebelum ikutan tes seleksi tahap ketiga. Sambil komat kamit baca doa, segera Molzania telepon si Romi Haryadi itu. Ditelepon alih-alih Molzania diberitahu gimana seleksi kesehatannya. Eh Molzania disuruh telepon lagi satu menit. Oh, mungkin si Rominya sibuk ada telepon masuk. Jadi Molzania langsung tutup teleponnya. Rencana bakal nelepon lagi satu jam atau setengah jam kemudian. 

Sembari Molzania menelepon ulang, Molzania disuruh ayah untuk cek-cek ke mbah google seperti apa background kerjanya nanti. Diceki ceki lagi ternyata iya Molzania ngelamar di bagian audit operasional dan teknologi informasi. Wah jadi auditor nih. Pas cek lewat pengumuman resmi di PPM Reksel Perum Peruri, ternyata hasilnya seperti ini bubblelaters :(




Iya Molzania lolos. Tapi hanya lolos seleksi tahap pertama alias seleksi berkas administrasi. Tahapan tes selanjutnya yaitu tes TOEFL Molzania gagal. Gimana nggak gagal? tesnya aja kaga ikutan. Beberapa waktu lalu pas pengumuman Perum Peruri kalau gak salah tanggal 21 September kemarin, pengumumannya belum ada. Ternyata diumumkan sehari setelahnya alias tanggal 22. Dan itu Molzania sama sekali ga tahu. Jadinya ya gagal seleksi. Nyebelin banget gak sih? Belom rejeki mungkin iya, hikz.

Kabar baiknya, ini juga anugerah dari Allah bahwa dalam seleksi berkas Molzania sekelas level BUMN bisa lolos. Padahal sih sebelum sebelumnya, boro-boro tes TOEFL seleksi berkas aja gagal melulu. Berkas Molzania selalu dibuang ketimbang disimpan. Hikz. Ini memberikan semangat dan motivasi untuk Molzania bahwa Molzania bisa kok lolos seleksi berkas di level BUMN. Walau tau sendiri kan, IPK Molzania aja gak memenuhi persyaratan. Minimal IPK harus diatas 3, sementara IPK S1 Molzania hanya 2,53. :')

Kabar buruknya ini ternyata penipuan. Alhamdulillah Allah masih menyelamatkan Molzania. Coba aja kalau percaya terus transfer, pasti Molzania udah dibikin php sama si penipu. Uang Rp. 767 ribu itu nggak sedikit lho untuk Molzania. Belum lagi uang tambahan yang mungkin nanti diminta oleh si penipu. Huwaaa...

Hal yang membuat Molzania yakin bahwa ini penipuan lowongan kerja ialah :
  • Alamat email si penipu dengan email resmi perum peruri berbeda. Email si penipu contact@perumperuri.co.id sementara BUMN Perum Peruri yang asli contact@peruri.co.id. 
  • Header logo BUMN Peruri seakan diedit via Photoshop. Liatin aja kop suratnya gak jelas banget. Kayak dicopy paste gitu. Ini jelas ciri-ciri penipuanlah.


  • Adanya penggunaan materai dan bukannya cap resmi Perum Peruri. (kehabisan tinta kali yaa..) Ditambah lagi adanya tembusan buat HRD BUMN Perum Peruri, padahal sih yang tanda tangan itu juga HRD. wkwkwk....


  • Dokter rumah sakitnya bergelar SpB alias Spesialis Bedah. Wah kaya mau bedah-bedah mayat, padahal kan gak ada hubungannya ahli bedah dengan rekrutmen pegawai Perum Peruri wkwk...


Tak hanya itu sobat, setelah ceki-ceki mbah google ternyata gak hanya Molzania yang mengalaminya. Molzania pertama tahunya dari situs ini  Kasusnya mirip sekali dengan yang Molzania alami. Buat sobat-sobat Bubblelaters berhati-hatilah jika menerima email serupa Molzania. Teliti sebelum percaya. Dikarenakan penipuan zaman sekarang sudah semakin canggih, maka kita selaku pencari kerja harus waspada. 

Berhati-hatilah dengan ciri-ciri penipuan lowongan kerja diatas. Soalnya si penipu mengambil sebagian data pencari lowongan kerja, entah dariman. Kemungkinan ada orang dalam, atau situs PPM Reksel Perurinya dihack bisa jadi alasan. Satu hal yang pasti seleksi BUMN itu biasanya dilakukan secara online, jadi ada banyak pihak yang terlibat. Baik yang resmi, maupun yang bukan.
Nggak tahulah, ini kan cuma pemikiran Molzania aja. Soalnya penipuan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Contohnya saja Molzania, iya sih Molzania pernah ngelamar Perum Peruri. Ngelamar jadi staf Audit Operasional dan Teknologi Sistem Informasi. Iya sih Molzania lolos tahap pertama? Nama Molzania pun 50% benar disebutkan, tapi hanya nama depan dan belakangnya aja. Itu patut dicurigai ternyata. ^^

1 comment :

  1. Wah iyanih ... banyak ya sekarang loker tipu-tipu gini. Postingan ini bermanfaat banget ...

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...