Monday, June 13, 2016

Cara Pendaftaran Keanggotaan IAI

Posted by with No comments
Dikarenakan saat ini Molzania sedang melanjutkan studi di PPAK, maka Molzania mau membagikan tata cara pendaftaran keanggotaan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Hal tersebut sangatlah penting bagi mahasiswa PPAK karena syarat mengikuti ujian CA ialah salah satunya dengan mendaftar keanggotaan IAI. Masalahnya masih banyak teman-teman yang belum mengerti tentang cara pendaftarannya, padahal bisa melalui online saja.

Pada dasarnya, keanggotaan IAI ada 3 macam. Hal ini menentukan biaya pendaftarannya. Keanggotaan IAI yang pertama ialah Anggota Muda dimana anggotanya adalah Mahasiswa DIII/DIV/S1 program studi akuntansi dan pendidikan akuntansi. Untuk anggota Muda biaya pendaftarannya cukup murah, yaitu hanya Rp. 150.000.

Sementara untuk mahasiswa PPAK sudah terhitung lulusan akuntansi, maka biaya pendaftarannya sebesar Rp. 500.000. Adapun keanggotaannya dinamakan Anggota Madya. Berikut kriteria yang ditetapkan untuk Anggota Madya:
  1. Memiliki register Akuntan namun belum memenuhi ketentuan sebagai Anggota Utama sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
  2. Lulusan DIII/DIV/S1/S2/S3 program studi akuntansi atau pendidikan akuntansi.
  3. Memiliki sertifikat lulus ujian sertifikasi akuntansi yang dilaksanakan atau diakui IAI sesuai kriteria yang ditetapkan dalam peraturan organisasi IAI.
  4. merupakan anggota asosiaso profesi akuntansi lain yang diakui sesuai kriteria yang ditetapkan dalam peraturan organisasi IAI.
Terakhir ialah Anggota Utama. Inilah yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa PPAK. Anggota Utama berarti Akuntan Professional. Syaratnya ialah harus lulus ujian CA, dan memiliki sejumlah pengalaman praktek. Anggota utama adalah akuntan professional yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
  1. Memiliki register akuntan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Memiliki pengalaman, dan/atau menjalankan praktik keprofesian di bidang akunansi, baik di sektor pendidikan, korporasi, sektor publik.
  3. Manaati dan melaksanakan Standar Profesi
  4. Menjaga kompetensi melalui pendidikan profesional berkelanjutan.
Yuk lihat tata cara pendaftaran keanggotaan IAI:
  •  Isi data diri dengan lengkap. Semua bagian yang mengandung * harus diisi. 
  •  Setelah itu kita akan diminta mengecek email untuk konfirmasi pendaftaran IAI Lounge. 
  • Setelah mengklik link yang diberikan, kita akan mendapat email lagi berisi username dan password sementara. Kita akan diminta mengupload data-data pribadi berupa: 
  1. Kopi KTP atau identitas lainnya.
  2. Kopi Ijazah yang dilegalisir
  3. 2 buah pasfoto dengan latar belakang putih ukuran 4x6.
  4. Kopi kartu anggota IAI (jika ada)
  5. Surat keterangan atau bukti pengalaman praktik di bidang Akuntansi (jika ada)
  6. Kopi sertifikat akuntan profesional (jika ada)
  7. Kopi Piagam Register Negara Akuntan atau Surat Keterangan Terdaftar dalam Register Negara Akuntan (jika ada).


  • Setelah itu, kita tinggal menunggu diapprove oleh petugas IAI. Sembari menunggu approve, kita bisa melakukan pembayaran biaya keanggotaan melalui rekening yang tertera di email. Setelah itu kita melakukan konfrmasi pembayaran via link email. Setelah konfirmasi disetujui, maka kita resmi menjadi anggota IAI. Dan satu bulan kemudian, akan dikirimi kartu anggota yang bisa diambil di kantor IAI wilayah masing-masing. 
  • Sesudah resmi menjadi anggota kita bisa merubah password akun IAI kita dan mendapatkan akses penuh IAI Lounge. Kita juga mendapat email gratis dengan domain @akuntanindonesia.or.id dibelakang nama kita.

 Itulah tata cara pendaftaran menjadi Anggota Madya IAI. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman mahasiswa PPAK. :)
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...