Thursday, January 14, 2016

Pengalaman Tes PPak UNSRI Part I

Posted by with 9 comments
Cerita yang Molzania berikan ini berangkat dari kisah nyata Molzania sendiri yang susahnya mencari informasi mengenai tes masuk PPaK atau Program Profesi Akuntan. Nah berhubung Molzania telah mengalaminya dan Alhamdulillah lolos tes. Jadi Molzania ingin memberitahu sedikit pengalaman yang sudah Molzania rasakan, include suka dukanya.

Jadi, ujian saringan masuk (USM) PPaK Universitas Sriwijaya itu terbagi menjadi dua bagian. Pertama, tes validasi kemampuan (TVK) dan yang kedua tes TOEFL SULIET atau Sriwijaya University Language Institute English Test. TVK terdiri dari 100 Soal dengan materi Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Audt dan Perpajakan. Artinya masing-masing terdiri dari 100 Soal.

Passing grade tes tvk yang diberikan Universitas Sriwijaya itu sebesar 30-35%. Artinya kita mesti benar > 30 Soal bila ingin lolos tahap pertama. Molzania daftar PPaK itu tanggal 20 November 2015. Sementara tesnya akan dilangsungkan tanggal 19 Desember 2015. Artinya Molzania punya waktu sekitar satu bulan untuk belajar.

Ilustrasi Buku UT. Pic by @Molzania Instagram
Sembari mengasah kemampuan TOEFL, Molzania belajar dari buku-buku Universitas Terbuka saja. Berhubung Molzania kan lulusan disana. Lagian, buku-buku UT itu sudah lumayan cukup untuk menggeber waktu selama sebulan itu. Masing-masing bukunya Molzania pelajari selama 3 hari. Di buku ada kurang lebih 9 modul, artinya setiap harinya atleast HARUS belajar 3 Modul. Berikut materi yang Molzania pelajari:
1. Akuntansi Manajemen
2. Auditing I
3. Auditing II
4. Laboratorium Auditing
5. Perpajakan
6. Hukum Pajak
7. Akuntansi Keuangan Menengah I
8. Akuntansi Keuangan Menengah II
9. Akuntansi Keuangan Lanjutan I
10. Akuntansi Keuangan Lanjutan II

Molzania pelajari dari pelajaran yang Molzania kuasai dulu. Alias materi yang mudah-mudah, baru yang sulit-sulit. xixixii... Pertama jelas Laboratorium Auditing. Diakhiri dengan materi no. 10 yaitu the one and only Akuntansi Keuangan Lanjutan II. Kekurangan Molzania dari segi hitungan Molzania perbaiki dengan giat mempelajari teori saja. Huahahaaa...

Waktu pun berlalu. Tak perlu dibahaslah gaya Molzania belajar. Yang pastinya banyak selingannya. Diselingi dengan kegiatan tidur, nonton drama korea, browsing, dan sebagainya. Tentunya dalam porsi yang lebih besar dibandingkan kegiatan belajar. -__-

Tanggal 19 pun datang, dan jeng-jeng hampir 80% materi pernah Molzania pelajari di buku UT. Thanks to Universitas Terbuka, bukumu benar-benar ddaebak !! \(^0^)/ Alhasil karena gaya belajar Molzania santai banget, Molzania cuma yakin benar 46 dari 100 Soal. Kertas soal ujian Molzania penuh coretan centang-centang jawaban yang dirasa benar. Alhamdulillah materi hitungan yang keluar hanya tiga alias full teori soalnya. Fiuhh..

Nama Molzania diapit oleh dua orang yang gak lulus :')
Keyakinan Molzania tak salah, hasilnya skor Molzania 40. Dinyatakan lulus dengan matrikulasi USM PPaK Unsri. Teman-teman sesama peserta tes juga segitu kok nilainya. Ga ada diatas nilai 60. Parah. Banget. Tapi gak papalah, yang penting lulus. Hehehee...

Bersiap untuk tes selanjutnya... Baca Disini.

9 comments :

  1. Hai mba, aku juga mahasiswa unsri, mau nanya, gmna cara display thema kamu skrg? hehehe keren sihh themanya, hihi aku sukak. Mksh yaa sbkmnya :)

    ReplyDelete
  2. @Nita: display tema blog? ini juga gratisan kok aku pakenya. tinggal kuedit dikit aja hehee

    ReplyDelete
  3. Hi mba ulasannya menarik,tp ada pertanyaan saya kenapa mesti ambil lagi PPAk?, maksud saya sayang khan waktunya terbuang padahal untk mendapatkan gelar Ak. tidak mesti melalui jalur PPAk pasca terbitnya peraturan PMK 25/PMK.01/2014. artinya kalau kita mengacu pada peraturan tersebut seseorang yang telah lulus seluruh mata ujian Chartered Accountant sudah bisa langsung mendaftar untuk Register Negara Akuntan pada kementrian keuangan dan mendapat gelar Ak. dari pada buang waktu lama ikut PPAk khan lbh bagus ikut langsung ujian CA untuk mempersingkat waktu bejarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gelar Ak. masih bisa didapat melalui jalur ppak mbak. Kalau lulus ppak dan CA gelarnya nambah lagi menjadi Ak. CA. Di ppak, semua pelajaran diarahkan ke materi ujian CA. Jadi agar lebih mendalami materinya saja. :)

      Delete
    2. kalo melihat peraturan PMK dan dan penjelasan dari IAI, menurut aku tanpa melalui pendidikan PPAk pun seseorang bisa mendapat gela Ak. CA. dengn syarat sudah lulus seluruh mata ujian CA dan teregister di Menteri Keuangan, karena hak menggunakan gelar Akuntan (Ak.). diberikan oleh menteri keuangan setelah terdaftar, berbeda dengan sebelum terbitnya peraturan PMK 25/PMK.01/2014 gelar Akuntan (Ak.) hanya bisa didapatkan dengan terlebih dahulu harus melalui pendidikan profesi PPAk. makanya sekarang setelah terbinya PMK tersebut sdh banyak lembaga pendidikan/universitas yang menutup program profesi PPAk nya . karena tanpa melalui proses pendidikan PPAk pun seorang sarjana akuntansi bisa menyandang gelar Ak. CA. dengan syarat sudah lulus seluruh mata ujian CA dan terdaftar dalam Register Negara Akuntan.

      Delete
    3. kalo melihat peraturan PMK dan dan penjelasan dari IAI, menurut aku tanpa melalui pendidikan PPAk pun seseorang bisa mendapat gela Ak. CA. dengn syarat sudah lulus seluruh mata ujian CA dan teregister di Menteri Keuangan, karena hak menggunakan gelar Akuntan (Ak.). diberikan oleh menteri keuangan setelah terdaftar, berbeda dengan sebelum terbitnya peraturan PMK 25/PMK.01/2014 gelar Akuntan (Ak.) hanya bisa didapatkan dengan terlebih dahulu harus melalui pendidikan profesi PPAk. makanya sekarang setelah terbinya PMK tersebut sdh banyak lembaga pendidikan/universitas yang menutup program profesi PPAk nya . karena tanpa melalui proses pendidikan PPAk pun seorang sarjana akuntansi bisa menyandang gelar Ak. CA. dengan syarat sudah lulus seluruh mata ujian CA dan terdaftar dalam Register Negara Akuntan.

      Delete
    4. @anonymous,: betul mbak. Terima kasih infonya. Kalau mbak mau memilih jalur non ppak sih ga masalah. Tinggal belajar mandiri saja sih. ^^

      Delete
    5. hehe sory ini hanya diskusi aja, saya bukan mba tapi sudah Bapak2 :-). salam alumni UT, saya juga Alumni UT.

      Delete
    6. Really? Ups, sorry pak. Visitor blog ini kebanyakan perempuan. Dan nama bapak juga anonymous. xixi.. jadi Molzania gak ngeh. :D

      Delete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...