Friday, January 22, 2016

Pengalaman Tes PPaK UNSRI Part 2

Posted by with 12 comments
Sebagaimana yang Molzania ceritakan di bagian pertama, Molzania sudah berhasil lolos ujian tes validasi kemampuan (TVK) PPaK UNSRI. Syaratnya cuma satu; rajin baca buku-buku UT. Karena 80% materi yang dinyatakan benar-benar terdapat disana. Soalnya bisa dinyatakan SAMA PERSIS. Untuk UMUM, kalian bisa membelinya disini. :D

Tes tahap kedua USM PPaK UNSRI, ialah ujian TOEFL yang diselenggarakan Lembaga Bahasa UNSRI. Dapat kabar burung dari temen-temen yang alumni S1 UNSRI, soal tes SULIET itu berjumlah 250 Soal yang dikerjakan selama 2 jam. Benar-benar W-O-W. 2 Jam artinya 120 menit. Estimasi waktu persoal kira-kira 30 detik. Dari hasil analisa tes TOEFL byself yang Molzania kerjakan, Molzania hanya sanggup mengerjakan separuhnya saja. Ampunnn DJ !!!



Untungnya Molzania punya waktu sepuluh hari tambahan untuk belajar lagi. Passing grade PPaK UNSRI untuk SULIET itu > 450 atau Molzania minimal harus benar separuh soal. Karena ternyata ujiannya diundur dan gak barengan sama tes tahap pertama. Aisshh... Wallahu'alam bisshawwab kalo tesnya barengan. Tes TVK aja pulang-pulang langsung kliyengan, berasa pecah pala' Cinderella deh *lebay mode on*

Belajar TOEFL itu menyenangkan sih. Tapi gampang-gampang susah. Molzania belajar full dari buku-buku dan internet. Pertama kali ikutan tes TOEFL ya baru kali ini. Agak-agak deg-degan sih. Jangan-jangan nilai TOEFL Molzania cuma 300an. Kalo gitu hilang deh kesempatan Molzania untuk ikut PPaK. Boro-boro bisa keluar negeri. :(

Merasa gak sempurna belajarnya, Molzania cuma bisa pasrah sama Tes Suliet. Benar-benar hanya ALLAH SWT dan doa mimi yang Molzania andalkan. 250 soal itu terlalu berat bagi Molzania. Jadi mungkin hanya bisa mengerjakan 150an soal saja. -_-"

Ternyata tesnya tak seseram yang dibayangkan. Jumlah soal juga tak sebanyak kabar yang Molzania terima. Tes SULIET diselenggarakan tanggal 31 Desember 2015. Satu hari sebelum tahun baru. So, Molzania berharap tahun 2016 nanti Molzania lolos PPaK deh. Ga ada materi yang diulang-ulang lagi, include si SULIET ini.

Hampir saja kesasar ikutan tes SULIET. Seharusnya tempatnya di Gedung Serbaguna Sriwidjaya UNSRI tapi Molzania malah datang ke Lembaga Bahasa. Untung ada mas-mas OB yang memberitahu Molzania. -_-

Ada 140 soal yang diberikan yang harus dikerjakan dalam waktu 2 Jam. Terdiri atas 50 soal Listening, 40 Soal Structure, dan 50 Soal Reading. Untuk Structure, waktunya 25 menit. Sementara Reading itu 55 menit. Tesnya Sesi I dilangsungkan dari jam 8-10 WIB.



Banyak peserta yang udah datang satu jam sebelum tes dimulai. Ternyata sebelum tesnya dilangsungkan, kita diberi panduan lengkap tata cara ujiannya. Dimulai dari sikap duduk, lama waktu, jumlah tes, dan sebagainya. Lumayan dimengertilah panduannya. Hehee... Pastinya ruangannya berAC jadi gak perlu kepanasan.

Akhirnya tes pun tiba. Tahap pertama itu materi Listening. Molzania harus benar-benar berkonsentrasi untuk menjawabnya. Harus ekstra hati-hati pula karena native speakernya berbicara super cepat. Sesi I merupakan percakapan antara dua orang. Molzania selalu fokus pada percakapan orang kedua tanpa melupakan pembicaraan orang kedua.

Sesi II kalau gak salah TOEFL lecturer, disini Molzania benar-benar meraba-raba topik pembicarannya. Tidak terdeteksi sama sekali apa pembicaraan sang dosen dan mahasiswa. Benar-benar panik deh sama listening. Huhuuu

Jadwal Tes TOEFL SULIET

Gagal di Listening, Molzania coba maksimalin di Structure dan Reading. Andalan Molzania banget ya di Reading. Tolong hamba ya Allah,,, Meskipun kepala nyut-yutan karena dipaksa bekerja superpower (ceritanya jadi dimirip-miripin kartun disney), Molzania berusaha tekun mencari jawabannya yang biasanya terdapat di passagenya.

Akhirnya dua jam pun kelar. Begitu berdiri Molzania kliyengan, karena otak bener-bener dalam keadaan sekarat. Tapi Molzania bersyukur udah menyelesaikan tes USM PPaK. Mudah-mudahan Molzania bisa lolos dua-duanya.

Skor TOEFL Molzania

Hasilnya baru diliat pagi tadi. Alhamdulillah Molzania berhasil lolos tes SULIET PPaK Unsri. Passing Gradenya terlampaui. Nilai TOEFL Molzania 453. Tentu saja Reading menjadi nilai yang terbesar. Psssttt... Untuk lolos SULIET UNSRI ini tergolong susah lho. Malah ada yang butuh waktu setahun lebih untuk bisa lulus SULIET. Alhamdulillah percobaan pertama Molzania lulus. Dan yuhuu... welcome PPaK!! Welcome my future.. !! Next target : LOLOS CA (Chartered Account).

Kalau tes CA sih tergolong super duper berat. Bismillah aja deh .. Setelah ini selama seminggu Molzania akan mengikuti kuliah Matrikulasi. Seperti apa kisahnya? Ditungguin ya... ;)

12 comments :

  1. Mantappp Molly, sukses selalu buat Molly, semoga cita-cita dan harapan nya dpt tercapai kelak, Amien YRA..(from Fathur; tmn skelas di PPAk XIX)

    ReplyDelete
  2. Syaratnya apa aja ya utk daftar di ppak unsri?

    ReplyDelete
  3. syaratnya harus lulusan akuntansi S1, terus isi formulir+bayar biaya pendaftaran plus tes TOEFL, bawa ijazah s1 legalisir, pas foto 3x4 (brp lbrnya aku lupa)

    ReplyDelete
  4. mau tanya biaya untuk persemester ppak unsri berapa?

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tes teofl
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi seputar Toefl

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan tulisan anda.
    Silahkan kunjungin web kami http://www.language.gunadarma.ac.id/html/ibt/ kami menyediakan Tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang

    ReplyDelete

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...