Thursday, August 20, 2015

Ramadhan Bersama Diabetasol

Posted by with No comments
Menurut penelitian. keturunan penderita Diabetes memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena diabetes. Aku adalah salah satunya. Nenekku penderita diabetes, dan uwak-uwakku ada yang terkena penyakit ini pula. Maka dari itu mama menasihati agar aku tidak mengonsumsi gula yang berlebihan. Sayangnya aku termasuk penggemar berat makanan yang manis-manis. Cookies, cake, softdrink, termasuk berbagai penganan es campur dan minuman manis lainnya. Selain itu, bagiku tiada kenyang tanpa mengonsumsi nasi. Padahal dari koran yang diberikan Ibu, aku tahu kalau nasi mengandung karbohidrat yang mengandung gula sehingga tak boleh dikonsumsi berlebihan. 


 
Saat SMA dulu, aku mempunyai pengalaman yang traumatik terkait diabetes. Saat aku buang air kecil, bekas air seniku tiba-tiba dikerubuti semut. Aku heran, lalu kubertanya pada ibu. Ibuku memberitahu kalau itu tanda-tanda awal diabetes. Ini pernah terjadi pada uwakku dulu sebelum divonis dokter menderita diabetes. Aku pun khawatir, aku kan masih muda banget masa' udah kena diabetes. Memang saat itu aku merasa kebanyakan makan yang manis-manis. Setiap hari aku mengonsumsi kue-kue, berhubung saat itu baru habis lebaran. 

 Melalui artikel kesehatan yang kubaca, ternyata diabetes tidak memandang usia. Semua bisa terkena penyakit tersebut. Baik tua maupun muda. Apalagi tubuhku juga agak gemuk. Bahkan kudengar ada anak-anak yang menderita penyakit serupa. Sejak saat itu, aku mengurangi makanan yang manis-manis. Terutama saat sedang berpuasa.

Aku mencoba lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Juga mengurangi porsi nasiku dan menambah porsi serat. Aku juga mencoba lebih teratur berolahraga dan banyak meminum air putih. Aku tak ingin lagi mengalami pengalaman yang buruk saat SMA dulu. 

Kini usiaku sudah menginjak dua puluh tiga. Saat aku ingin mengonsumsi banyak makanan manis, kuusahakan untuk meminum Diabetasol punya mama. Cukup sekali sehari agar gula darahku terkontrol. Tak lupa aku juga sebisa mungkin menggunakan gula diabetik untuk menghindari kandungan gula yang berlebihan dengan rasa yang tetap enak. ‪#‎RamadhanDiabetasol‬ ‪#‎CeritaDiabetasol‬

 *diikutsertakan dalam Kompetisi Cerita Ramadhan Bersama  Diabetasol dan terpilih sebagai salah satu dari lima pemenang berhadiah voucher Rp. 250.000
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...