Sunday, December 7, 2014

SMS Penipuan Berkedok Minta Transfer

Posted by with No comments
Masih ingat dengan kasus penipuan berkedok mama minta pulsa? SMS merupakan alat penipu yang paling klasik untuk menipu korbannya. Mengingat jaman sekarang hp sudah menjadi kebutuhan pokok selain bahan pangan. Segala cara digunakan para penipu untuk menjaring korbannya. Selain mama minta pulsa, modus yang kerap digunakan ialah sms undian berhadiah seperti dibawah ini:


Lihat saja sms yang dikirimkan penipu ke nomor Molzania diatas. Agar semakin meyakinkan, penipu bahkan sengaja membuat website abal-abal alias website palsu. Mereka juga mengirimkan kode undian yang bila dicocokkan di website abal-abalnya akan sama. Tentunya orang awam yang mendapatkan sms tersebut akan langsung berteriak kesenangan. Mereka akan langsung menelepon nomor yang tertera, lalu korban penipuan by sms akan bertambah.

Nah, modus terbaru yang Molzania sering terima ya ini nih. SMS Penipuan Berkedok Minta Transfer. Lihat screenshoot Molzania dibawah. Untuk yang tidak berkepentingan, boleh jadi langsung paham kalau itu penipuan. Namun bagi yang sering bertransaksi secara online, khususnya pemilik online shop dan semacamnya, tentu harus berhati-hati dengan modus seperti ini. 


Si penipu tanpa pemberitahuan apapun, ujug-ujug mengirimkan sms minta transfer sejumlah dana. SMS penipuan kayak gini sering banget dialami Molzania tahun 2014 ini. Awalnya Molzania tanggapi alias sms balik, kirain dari online shop yang Molzania sering beli. Pernah tertarik ikutan transfer juga, tapi gak tau mau transfer berapa. Jadi Molzania sempat balas smsnya, namun tak kunjung dibalas balik oleh si pengirim.

Maka, Molzania pastikan bahwa ini hanyalah sms penipuan. So, bagi temen-temen Molzania yang online shoppers atau penikmat belanja online kudu waspada yaah... Apalagi bila toko online yang kita belanjain sering banget mengirimkan sms broadcast kayak Lazada, dsb. Contohnya sms dari Lazada dibawah ini nih:


11-12 kan... bener-bener mirip modusnya. Sasarannya emang beneran online shoppers plus ownernya. Ckckck... Molzania sampai geleng-geleng melihatnya. Entah benar atau nggak nomor rekening si penipu diatas. Kalau dari Lazada dan belanja online besar sih biasanya kelihatan dari nama pengirimnya. Kayak Lazada gituu. Tapi kalo dari online shop biasa, kita kan gak tahu itu asli atau bukan. Jadi sebaiknya ceki-ceki terlebih dahulu sebelum mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya. Siapa tau itu malah sms dari penipu^^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...