Tuesday, October 28, 2014

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Posted by with No comments
Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk semua yang merasa masih pemuda-pemudi calon penerus generasi masa depan Indonesia! Termasuk Molzania dong ahihii... Ada sebuah pertanyaan nyentrik di benak Molzania yang baru saja terlintas tadi sesaat sebelum menulis postingan ini.


Apa yang sudah kau lakukan untuk bangsamu? Huh, Apa? Apa? Kalau ditanya pertanyaan ini kayaknya Molzania tidak bisa menjawabnya deh. Ya, paling-paling yang bisa Molzania katakan ya ini nyumbang tulisan yang "bermanfaat" via blog hehee... Mudah-mudahan tulisan Molzania disini mencerdaskan anak bangsa sehingga jadi ladang pahala buat Molzania. :)

Membicarakan soal sumpah pemuda, ini hari hari nasional kesukaan Molzania. Why? Because of this day was a declaration made by young Indonesian nationalist who dedicated and proud to be Indonesian. The manuscript is written by Muhammad Yamin and been listed in wall epigraph of Sumpah Pemuda Museum in Jakarta. Isinya antara lain berbunyi:
  • Pertama:
    Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
     
  • Kedoea:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
     
  • Ketiga:
    Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Kalo jaman-jaman SD dulu, karena bahasanya agak-agak ditulis berbeda dari bahasa Indonesia yang sekarang Molzania kenal, jadi Molzania suka bacanya asal nyablak gitu. Maksudnya ya bener-bener, kami poetra poetri Indonesia ... hehe. Taunya pas ngeliat tulisan nenek Molzania ternyata bahasa mereka sama. Tapi cara membacanya sama kaya sekarang.

Pas dicek di Wikipedia, ternyata itu dinamakan bahasa Ejaan van Ophuijsen atau Ejaan Lama. Ejaan ini dibuat untuk menuliskan kata-kata Melayu agar mempermudah Orang Belanda membacanya. Untuk lebih lengkap liat disini. Itu semua ada sejarahnya juga obviously... ckckck.

Hari Sumpah Pemuda ini selalu bikin Molzania semangat. Kayaknya semangatnya oppa-oppa yang dulu masih jadi pemuda tahun 1928 dulu nular nih. Buat yang lain juga harus tetap semangat ya. Mari kita wujudkan Generasi Indonesia yang Islami sehingga negeri ini jadi negeri yang madani deh. ^^
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...