Sunday, June 29, 2014

Tips Menggali Ide Tulisan Blog

Posted by with No comments
Punya Blog tapi gak bisa update tiap hari karena gak ada ide tulisan? Jangan galau karena ada banyak cara untuk gali ide buat update blognya kamu. Molzania bakal membagi tips buat kalian semua. Berdasarkan pengalaman Molzania sendiri. Berikut ide tulisan yang mungkin bisa kamu contek buat update blog
  • Cari Berita Hangat di Televisi. 
Televisi mungkin bisa menjadi sumber rujukan informasi buat isi blog kamu. Contohnya nih, Molzania dua hari yang lalu sempat membahas Jerman yang lolos ke fase 16 besar. Molzania tertarik membahas itu karena Molzania sebelumnya barusan bergadang nonton pertandingan Jerman versus Amerika. So, nggak ada salahnya juga kalau kamu mengolah info yang disukai dari televisi. 
  • Gali Ide Dari Lingkungan Sekitar 
Banyak hal yang terjadi di sekitar kita sesaat sebelum menulis blog. Sesuatu yang unik dan langka mungkin? Atau sesuatu yang kontroversial? Daripada diendepin dalam hati, mendingan tumpahin semua pikiran kamu ke blognya kamu. Molzania yakin setiap orang punya pengalaman yang berbeda-beda terkait suatu hal. Salah satu contoh tulisan blog Bubblelatte yang Molzania tulis dari kisah nyata yang baru saja terjadi ialah Penipuan berkedok siswa kecelakaan di sekolah yang menceritakan tentang pengalaman yang dialami adik yang langsung Molzania tulis sesaat setelah kejadian. Ciptakan gaya menulismu sendiri, Insya Allah pembaca akan menemukan pengalaman berbeda saat membaca tulisan kamu.

  • Rajin Mengikuti Lomba Blog atau Lomba Menulis
Ini dia yang sering sekali Molzania lakukan. Di Bubblelatte kalian akan temukan tulisan Molzania yang diikutsertakan dalam sebuah lomba kepenulisan, baik itu lomba blog atau artikel. Contoh tulisan yang Molzania post ialah adikku si peneliti cilik yang diikutkan dalam Lomba Cerita Dibalik Noda 2 tahun lalu. Alhamdulillah tulsian Molzania tersebut berhasil memenangkan penghargaan Ide Cerita Terbaik. ^_^
  • Perbanyak Membaca Al-Quran 
Ini beneran loh? Setiap kali habis membaca Al-Quran berikut terjemahannya, Molzania langsung mendapat ide segar untuk tulisan blog. Satu ayat dalam A;-Quran itu mengandung jutaan makna yang bisa kita gali untuk memunculkan ide tulisan. Dan tadaa hanya lewat kata-kata pertama dalam Al-Quran, yaitu Bismillahirrahmannirrahim saja Molzania sudah dapat ide untuk membuat tulisan berjudul Bismillahirrahmannirrahim, yang menguatkan sekaligus memberi solusi. So simple bukan?
  •  Bikin Review Buku atau Produk 
Baru kelar membaca sebuah buku? Maka artinya kamu harus menulis reviewnya lalu mempostingnya di blog kamu. Ini bisa jadi hal yang mungkin membantu disaat kamu sedang stuck mikirin ide tulisan yang harus kamu munculkan buat update blog kamu. Review Molzania tentang buku Cuckoo's Calling mungkin bisa dijadikan rujukan buat kamu. Atau bisa juga kamu liat contoh tulisan tentang hadiah free sample dove yang Molzania terima yang Molzania review untuk tulisan blog. 

  • Bikin Tips yang Didasarkan Dari Pengalaman Pribadi 
Punya pengalaman pribadi yang ingin kamu share tentang penyelesaian masalah atas sesuatu? Ini dia hal yang harus kamu tulis untuk update blog kamu. Dimulai dari hal-hal kecil dulu. Pengalaman membuktikan blog yang berisikan tips tentang suatu hal lebih banyak dicari orang. Tulis saja semua hal yang sudah kamu lalui untuk menyelesaikan masalah. Molzania sendiri sudah membuat tips solusi peninjauan google adsense yang didasarkan dati pengalaman pribadi Molzania yang Molzania rasa belum banyak ditulis orang di blognya.

Nah, mudah kan caranya untuk bisa update blog tiap hari? Kuncinya hanya satu yaitu KREATIF dan MAU. So, Mau nulis apa hari ini?
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...