Saturday, June 7, 2014

Sepenggal Kisah Tentang Ulen-Ulen

Posted by with No comments
Sebagian orang mungkin mengenal ragit, burgo, lakso, celimpungan, dadar jiwo, dan lain-lain. Namun banyak diantaranya belum tau tentang ulen-ulen. Maklum jenis jajanan pasar khas Palembang ini memang kurang populer. Bisa dibilang kue tradisional ini hampir punah. Nah, Lho?

Berawal dari mama yang ngidam dengan kenangan kue masa kecilnya yaitu ulen-ulen. Nah. beliau pun ngubek-ngubek mbah Google. Namun sayang hanya satu dua artikel yang ditemukan mama tentang kue ini. Boro-boro ada resepnya, yang ngebahasnya aja cuma satu dua. Malang benar nasib kue ini *hikz*

Dari gambar-gambar yang tersedia, mama pun coba-coba untuk bikin sendiri. Dilihat sekilas, bentuknya mirip ongol-ongol, tapi dari segi tekstur lebih kenyal. Begitupun dari segi bahan, Ongol-ongol diolah dari tepung hun kue, sedangkan ulen-ulen menggunakan tiga macam tepung; tepung sagu, tepung ketan, dan tepung beras.

Setelah jadi, hasilnya gak terlalu mengecewakan. Bagi yang tidak suka manis, boleh dikurangi pemakaian gulanya. Inilah hasil masakannya ;



Biar ga penasaran, mungkin ada bubblelaters yang berminat untuk mencoba resepnya. Berikut Molzania bagi resep cara membuat ulen-ulen palembang :

Bahan yang Diperlukan :

  • 50 Gram Tepung Sagu
  • 100 Gram Tepung Ketan
  • 50 Gram Tepung Beras
  • 200 ml Air
  • 200 Gram Gula Merah 
  • 1/2 Butir Kelapa Parut yang diparut kasar, taburkan garam diatasnya
  • Minyak Sayur secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Masukkan Gula Merah ke dalam Air yang telah didihkan, biarkan hingga gula mencair. Tambahkan Garam secukupnya. Biarkan dingin.
  2. Setelah dingin, masukkan tiga jenis tepung-tepungan; Tepung Sagu, Tepung Beras, dan Tepung Ketan ke dalam rebusan air gula merah, aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang persegi 10 x 20 cm, sebelumnya loyang harus diolesi minyak sayur biar tak lengket, lalu kukus hingga adonan matang. Estimasi waktu pengukusan kira-kira 30 menit. \
  4. Setelah matang, potong ulen-ulen sesuai selera, balurkan di atas kelapa parut. Sajikan selagi hangat.
TIPS :
  • Jika sobat bubblelatters punya dandang atau wadah kukusan yang lebih besar (lebar), adonan yang belum dikukus bisa dimasukkan  ke dalam loyang bolu gulung. Sehingga saat ulen-ulen sudah dingin, bisa langsung digulung.

SELAMAT MENIKMATI YA !!

NB : Buat Cekda, bibi Molzania, ini sudah Molzania tulis ya requestnya. Bisa langsung dipraktekkan. 

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...