Sunday, June 8, 2014

Qur'an Challenge : Hapalan Satu Ayat

Posted by with No comments
Hari ini aku dapet tantangan dari Mama. Harus bisa menghapal satu ayat Al-Quran yang beliau suruh. Mama menugasiku untuk menghapal surah Al-Baqarah ayat 177 yang berbunyi:


Molzania merasa tertantang dong. So, pertamanya Molzania hapalin tuh ayat. Dalam waktu 20 menit, Molzania langsung hapal seluruh ayatnya. Kan lumayan panjang tuh. Beruntung ada kata-katanya yang familiar, seperti yaumil akhir, malaikah, kitabi, nabiyyina, dsb. Gak sampai setengah jam hapalan Molzania lancar jaya.

Nah, yang bikin kesel setelah Molzania berhasil menghapal keseluruhan ayatnya. Mama gak langsung ngetes. Endepin dulu, katanya. Nanti bakalan mama tes mendadak, ujarnya. Akhirnya Molzania tungguin sambil buka internet hehee...

Sejam kemudian, Molzania dites. Ternyata hapalan Molzania rontok saudara-saudara. Molzania tersendat-sendat di pertengahan. Padahal udah Molzania inget-ingetin tuh urutan-urutannya. T_T



Gagal deh Molzania pamer hapalan. Hahaa... Niat awalnya emang gak bener kayaknya :P

Ternyata ngapalin Al-Quran walau seayat gampang-gampang susah. Setelah hapal pertama kali, kudu diulang-ulang terus. Tapi gak papa, kan Molzania udah hapal tuh ayatnya tadi. So, Molzania tinggal mengulang-ulanginya saja :D

Tips menghapal Al-Quran dari Molzania; Jangan sombong atau buat sok-sokan. Tar akhirnya jadi kaya Molzania deh, udah lancar jaya dan yakin di awal, namun rontok di akhir. T_T

Ternyata nih ternyata, terjemahan surah Al-Baqarah ayat 177 tuh sebagai berikut:
Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

Wah, bisa jadi modal buat hapalan bahasa Arabnya nih hehee... Molzania kan dulu pas sekolah belajar Bahasa Arab, jadi sedikit-sedikit pahamlah kata-katanya :D

Semangat buat naklukin Al-Qur'an Challenge dari mama. Yakin, Pasti Bisa! Bismillah ... ^_^ 
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...