Tuesday, June 10, 2014

Google Mendewasakanku

Posted by with No comments
Selama tiga bulan belakangan ini, Molzania menasbihkan diri menjadi seorang weblog sejati. Dimulai dari beli domain www.molzania.com, mendesain web dari awal, hingga mempromosikannya ke semua orang. Semuanya Molzania jabanin dengan darah dan keringat serta air mata. *cielahh

Layaknya orang yang kepingin maju, masalah demi masalah terkait weblog pun bermunculan. Pertama susahnya mendaftar Google Adsense. Alhamdulillah setelah dua bulan mengotak-atik, blog ini mendapat kepercayaan penuh sebagai publisher Google Adsense. Senangnya bukan main, Molzania sampai jingkrak-jingkrak kesenangan di depan komputer. 

Tak sampai dua minggu bergabung, Adsense Molzania dibanned oleh Google. Alasannya karena fraud click. Molzania down sampe ke akar-akarnya. Beneran sampai gak nafsu makan saking lemesnya. Akhirnya perlahan Molzania pun bangkit dari keterpurukan. Ternyata pengalaman pemutusan sepihak oleh Google tidak hanya dialami oleh Molzania. Rata-rata semua publisher pernah mengalaminya. Makanya mereka seringkali memiliki banyak akun adsense. 



Nah, tiga hari yang lalu. Molzania kembali berurusan dengan Mbah Google. Berawal dari saking semangatnya nulis postingan tentang resep membuat ulen-ulen, web molzania tercintah ini masuk Google Sandbox. Google Sandbox itu semacam pasir hisap milik mbah Google. Bertujuan untuk memfilter blog yang bermasalah. Mungkin karena Molzania kebanyakan masukin keyword atau apalah tentang ulen-ulen, Molzania juga gak paham.  -_-"

Kecurigaan postingan Molzania masuk Google Sandbox ialah postingan Molzania tentang itu menghilang dari indeks Google secara tiba-tiba. Setelah cek via google sandbox checker, ternyata artikel itu resmi masuk ke Google Sandbox.

Maka keesokan harinya, Molzania hapus artikel itu, lalu ganti dengan yang baru. Ubek-ubek Google tentang sandbox dan sejenisnya, nyatanya blog Molzania tak mendapat penalti dari google. Cek di webmaster juga, gak ada satupun inbox atau notification dari Google tentang webspam pada situs Molzania ini.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Google kerap tak memberikan notification terkait kesalahan partnernya. So, apakah itu berarti Molzania kembali di PHPin Mbah Google?? I don't know... Sebenarnya domain molzania.com masih bisa terindeks Google. Hanya saja artikel-artikel yang Molzania tulis sesudah artikel bermasalah itu tidak bisa dicari. Mungkin karena memang belum terendus atau gimana gituu... 

Entahlah apa yang menjadi masalah, atau mungkin ini juga cuma kekhawatiran yang berlebihan dari Molzania gara-gara pernah kena banned adsense. Yang paati, mbah google udah bikin Molzania dewasa. Disini Molzania gak bisa menangis atau mengeluh, melainkan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah secepatnya.

Well, jadi webblog itu gampang-gampang susah ternyata. Tapi banyak pengalaman yang buat Molzania banyak belajar. Seperti lagu The Reason milik Simpleplan... I'm not a perfect person... There's many things I wish I didn't do, But I'm continue learning ... :D

Terima kasih Allah SWT, Terima kasih Mbah Google !! 

Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...