Wednesday, May 7, 2014

Sinopsis Lengkap : Hunger Games

Posted by with No comments
Cerita pada Hunger Games berlatarbelakang Negara Panem dengan Capitol sebagai ibukota. Setiap tahunnya dikarenakan pemberontakan di masa lalu, setiap distrik yang terdiri atas 12 distrik diharuskan mengirimkan dua orang; cowok dan cewek yang berusia 12-18 tahun untuk turut serta dalam permainan Hunger Games.




Hunger Games adalah pertarungan sampai mati di antara 24 orang pemain dari masing-masing distrilk untuk memperebutkan satu tempat yang akan didaulat sebagai pemenang utama. Tahun ketika cerita dalam buku Hunger Games dimulai merupakan Hunger Games yang ke 74 dimana Katniss Everdeen yang menggantikan adiknya, Primrose Everdeen-yang terpilih pertama kali-dan Peeta Mellark peserta dari distrik 12 yang merupakan distrik termiskin yang mengusahakan batu bara sebgai penghasilan utama.

Katniss sempat mengalami dilema mengikuti Hunger Games karena lawan satu distriknya, Peeta Mellark, pernah menyelamatkan hidupnya di masa lalu dan ia merasa berutang padanya. Peeta pernah memberikan Katniss sebuah roti yang akhirnya menyelamatkan hidupnya dan keluarganya yang sedang kelaparan, dan oleh karenanya Peeta dipukul ibunya karena sengaja menghanguskan roti itu untuk diberikan ke Katniss. 

Pada Hunger Games ke 74 ini, mereka berdua ditemani Haymitch, mentor sekaligus mantan pemenang Hunger Games di masa lampau, untuk sama-sama berjuang dalam Hunger Games. Katniss dan Peeta harus bersedia terlibat dalam konflik percintaan demi mendapatkan sponsor yang bisa memberikan keduanya hadiah pada saat Hunger Games. 

Pada awalnya, Katniss mengalami dilema mengingat hubungan tak romantisnya dengan Gale, rekan berburunya yang terbaik. Ia merasa tak pandai berakting, sehingga penonton akan merasa jenuh. Tapi untunglah Cinna, penata gayanya pada pra Hunger Games, menyemangatinya agar bisa menjadi dirinya sendiri. Akhirnya, Katniss pun mampu dan berusaha menjalankan peran "asmara" bohongannya dengan Peeta Mellark.

Tibalah saat pertarungan Hunger Games dimulai, Katniss melewatkan kesempatannya mengambil busur di Curnocopia-pusat Hunger Games-karena Peeta melarangnya. Ia pun harus menghadapi penghianatan Peeta yang bergabung bersama peserta karier-peserta dari distrik kaya yang sudah dilatih sejak kecil untuk bisa memenangkan Hunger Games-disaat dirinya mengalami sejumlah luka. Katniss yang sakit hati lantas membalas perbuatan Peeta dengan mengirimkan sarang tawon penjejak tepat yang berhasil menewaskan beberapa peserta, Glimmer dan . Namun sayang Peeta berhasil selamat.

Diam-diam Katniss berusaha mengambil busurnya yang kemarin dicuri Glimmer. Ia berhasil menarik busurnya sesaat sebelum mayat Glimmer ditarik pesawat Capitol ke atas. Sayang aksinya diketahui Cato-peserta karier dari distrik dua-dan berusaha memburunya. Beruntung, Peeta datang tepat waktu. Ia menyelamatkan Katniss dari amukan Cato. Katniss berlari di sisa-sisa kekuatannya, tapi ia pun pingsan.

Hari berikutnya, Katniss berteman dengan Rue, bocah 12 tahun dari distrik 11 yang pernah memberitahunya bahwa ada banyak sarang tawon penjejak di atas pohon. Rue mengingatkan Katniss akan sosok adiknya. Prim. Mereka pun mengatur siasat agar bisa meledakkan pasokan makanan peserta karier. Dari Rue, Katniss mengetahui bahwa Peeta tidak lagi ada bergabung bersama mereka.

Katniss memang berhasil meledakkan pasukan makanan peserta karier, tapi ia harus membayarnya dengan kematian Rue. Ia tewas ditangan Marvel dari distrik satu. Katniss pun membunuh Marvel dengan busurnya hingga tewas, dan menyadari bahwa Marvell korban pertama yang tewas ditangannya. Dengan perasaan berkecamuk, Katniss lalu berusaha tegar menghadapi kematian Rue. Ia menyanyikan Rue sebuah lagu menjelang ajalnya.

Akibat ledakan itu, Katniss kehilangan sevagian pendengarannya dan terluka. Tapi ia mendapatkan sebuah roti biji-bijian dari distrik Rue lewat Haymitch sebagai hadiah sponsor. Katniss merasa terharu dan berterima kasih kepada orang-orang dari distrik Rue karena sudah rela mengumpulkan uang untuk memberinya roti disaat barang-barang sponsor kian hari kian mahal.



Pertarungan Katniss di Hunger Games lantas berlanjut.  Ia mengetahui dari Cato-peserta karier dari distrik dua-bahwa Peeta terluka cukup parah karena menyelamatkannya kemarin.  Tepat saat itu, pembawa acara Hunger Games, Claudius Templesmith, mengumumkan perubahan peraturan di Hunger Games dimana dua orang peserta dari distrik yang sama bisa sama-sama memenangkan Hunger Games. Katniss berteriak memanggil nama Peeta dan bergegas mencarinya.



Tidak butuh banyak usaha bagi Katniss untuk menyelamatkan Peeta yang terluka. Ia menemukan Peeta sedang bersembunyi di sungai berlumpur. Melihat luka-luka yang berada Peeta, Katniss mencoba mencari cara untuk mengobatinya meski ketakutan setengah mati. Ia tak terbiasa melakukan pengobatan sebagaimana yang sering dilakukan ibunya dan Prim. Katniss lebih memilih kabur ke hutan bersama Gale jika ibunya kedatangan pasien yang terluka cukup parah.

Dengan susah payah, Katniss membawa Peeta ke gua untuk berlindung. Disana ia merawat Peeta dan tinggal berdua untuk sementara waktu. Mereka berdua menjalankan peran asmaranya dengan baik. Katniss mengenal sosok Peeta lebih jauh seteah mereka mengobrol bersama di gua itu. Ternyata Peeta jatuh cinta pada Katniss sejak mereka masih duduk di bangku TK. Saat itu Katniss bernyanyi di depan kelas dan suaranya membuat burung-burung di luar jendela terdiam mendengarkan.

Ternyata pengobatan seadanya yang dilakukan Katniss tidak mempan. Luka Peeta bertambah parah sehingga menunjukkan tanda-tanda ia keracunan darah. Tepat saat itu, Claudius Templesmith mengumumkan adanya pesta, mengundang semua orang untuk datang ke Curnocupia. Capitol memberikan barang-barang yang dibutuhkan peserta disana, maka dari itu peserta diharapkan datang. Haymitch lalu mengirimkan obat tidur untuk Peeta yang terluka parah, sementara Katniss akan berjuang sendirian di Curnocupia.

Jalan yang ditempuh Katniss tidaklah mudah. Disana ia harus bertarung dengan Clove demi mendapatkan barang dari distrik 12. Dahi Katniss robek karena serangan Clove. Ia juga hampir dibunuh oleh Thresh=peserta yang sama dari distrik Rue-karena ia mengira Rue dibunuh oleh Katniss. Tapi Thresh malah membunuh Clove usai diberitahu Katniss kalau bukan ia yang membunuh Rue, melainkan seorang peserta dari distrik satu.

Katniss berhasil mendapatkan barang dari distriknya dan bergegas kembali ke gua. Ternyata isi barangnya merupakan suntikan pengurang infeksi untuk Peeta. Katniss pun menyuntikkannya pada Peeta, dan pingsan di gua. Keesokan harinya, Peeta terbangun dan melihat Katniss dalam genangan darahnya. Gantian Peeta yang merawat Katniss.

Selama beberapa hari, mereka berdua bersembunyi di gua dan menyaksikan siluet Thresh tewas dilangit. Diam-diam, Katniss bersyukur Thresh tewas karena ia tak ingin membunuh Thresh yang telah menyelamatkan nyawanya di Curnocopia. Katniss dan Peeta semakin dekat untuk penonton. Mereka menjalankan perannya dengan sangat baik, sehingga Haymitch memberinya hadiah sepanci penuh sup daging domba dan banyak makanan lain. 

Pertarungan Hunger Games semakin mendekati akhir. Juri pertarungan memaksa para peserta kembali ke danau karena air telah dikosongkan. Katniss dan :Peeta pun kembali kesana, mengira akan bertemu dengan Cato, tapi tak ada siapapun disana. Tepat saat itu Cato keluar dari tempat persembunyiannya sambil lari terbirit-birit. Di belakangnya, mutt-sebutan untuk mutan-mengejarnya. Mau tak mau, Katniss dan Peeta ikut lari bersama Cato.

Mereka bertiga sembunyi di terompet Curnocopia. Dengan sisa-sisa busurnya, Katniss memanah setiap mutt yang menyerangnya. Mutt itu bukan mutan biasa. Mereka adalah para peserta Hunger Games yang tewas dan diubah oleh Capitol. Perhatian Katniss teralihkan karena melihat mutan Rue, Cato berhasil menawan Peeta yang terluka. Tenaga Katniss yang hampir habis dipergunakan untuk melepaskan Peeta dari cengkraman Cato. Panah Katniss mengenai lengan Cato, membuatnya terjatuh ke dasar terompet bersama kawanan Mutt.

Katniss dan Peeta mengira mereka sudah menang, tapi Cato belum tewas. Ia berjuang untuk melepaskan diri dari serangan Mutt. Akhirnya Cato kelelahan, dan para mutt berhasil menyeretnya menjauh dari Curnocopia. Karena merasa kasihan, Katniss memanah kepala Cato hingga tewas. Meriam pun ditembakkan, mereka berdua bersuka cita.

Namun Hunger Games tetaplah Hunger Games. Peraturan yang sebelumnya berubah diubah lagi. Peeta dan Katniss terpaksa harus menyerang satu sama lain untuk bisa mengakhiri Hunger Games. Tapi Katniss tidak mau membunuh Peeta. Mereka berdua lebih baik bunuh diri bersama dengan makan berry beracun.

Sebelum mereka berdua sempat menelannya, Claudius Templesmith mengumumkan kemenangan keduanya. Rupanya Capitol tidak reka kalau seluruh peserta tewas lebih memilih keduanya menang. Katniss dan Peeta lalu diobati dari luka-luka mereka di Capitol. Perlahan-lahan keduanya pun sembuh.

Pasca Hunger Games, digelarlah upacara kemenangan untuk peserta. Tahun ini agak berbeda karena ada dua orang pemenang. Haymitch memberitahu Katniss bahwa Capitol tidak menyukai ide bunuh dirinya, menganggapnya sebagai upaya pemberontakan, tetapi terselamatkan berkat peranan asmaranya bersama Peeta. Katniss pun berhati-hati dengan ucapannya selama upacara itu, tapi ia senang melihat Peeta dalam keadaan sehat.

Dalam wawancara kemenangannya, Katniss terkejut ketika mengetahui Peeta kehilangan sebe;ah kakinya. Ia meminta maaf pada Peeta karena tak berhasil menyelamatkan kakinya, tapi Peeta menghiburnya. Semua penonton terharu, termasuk sang pembawa acara, Caesar Flickerman.

Tibalah akhir dari perjalanan Hunger Games Katniss dan Peeta, keduanya pulang ke distrik 12 dengan kereta api milik Capitol. Disana mereka terlibat pembicaraan serius terkait hubungan mereka setelah Hunger Games. Peeta patah hati setelah mengetahui bahwa Katniss tak seratus persen mencintainya. Katniss masih bingung akan hubungannya dengan Peeta, mengingat hubungannya selama ini bersama Gale. Cerita diakhiri dengan keduanya berangkulan tangan terakhir kalinya untuk menghibur penonton. 



Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...