Thursday, March 20, 2014

Join One Day One Juz Yukk...

Posted by with No comments
Selama lebih kurang sebulanan ini, aku memutuskan untuk jadi seorang odojers. Belum tau apa itu Odojers? ODOJ itu singkatan dari One Day One Juz, maka odojers adalah orang yang melakukan ODOJ. :D

ODOJ itu sebuah gerakan membaca Al-Quran satu hari satu juz yang digagas oleh ustadz Yusuf Mansur. Sebenernya udah lama kepengen gabung di sini, tepatnya ketika kegiatan ini disiarkan pertama kali di acara Wisata Hati di ANTV. Tetapi berhubung masih setengah hati ya gabungnya baru bulan kemaren deh.

Sempet ga percaya, apa iya Molzania bisa ngikutin ODOJ. Soalnya biasanya ngaji cuma satu halaman perhari, tiba-tiba dinaikin jadi satu juz. Believe Or Not aja kayaknya. Dipikir-pikir, daripada penasaran setengah mati ama ODOJ, Molzania memantapkan diri untuk register di situsnya One Day One Juz.

Molzania daftarnya sekitar tanggal 9 melalui sms. Formatnya tuh Daftar#Nama#Jenis kelamin#Pin BBM ke nomor Bang Acang (petugasnya) di 087872276166. Daftarnya tanggal 6 Februari. Gak lama kemudian dapat balasan sms kalau anda sudah teregistrasi, tim registrasi akan memproses pin anda dalam 3-7 hari bla, bla, bla...

Habis itu nyantai kan. Molzania nunggu sampe besok-besoknya kok ga ada kabar. Mungkin proesenya agak lama, karena banyak yang daftar. Sehari dua hari masih gak ada kabar. Akhirnya Molzania lupa sama ODOJnya :(

17 hari kemudian, tepatnya tanggal 23 Februari, seorang teman SMU Molzania ngirim inbox. Maksudnya sih say hello karena udah lama ga ketemu. Ngobrol, ngobrol, eh nyerempet ke ODOJ. Temenku itu ternyata juga ikutan ODOJ. Dia nanyain Molzania ikutan ODOJ juga gak? Molzania jawab iya dong, udah daftar tapi ga ada kabar lagi dari petugasnya. Temen Molzania itu bagaikan titisan/malaikat pengingat atau apalah. Dia nyaranin Molzania untuk kirim lagi sms ke petugasnya.

Niat baik emang perlu diluruskan, merasa terpanggil Molzania kirim sms lagi ke Bang Acang. Kok, udah lama daftar belom dimasukin ke grup juga. Gak lama kemudian, ada sms balasan kalau pesanku akan diforward ke tim registrasi pusat.

Hee they are, setelah lama nunggu akhirnya ada invite juga di BBM dari One Day One Juz. Disana kita dipandu oleh seorang akhwat bernama Ichwah. Nah, dia jelasin aturan main di ODOJ ini. Aturannya itu antara lain:
1. Setoran hafalan dimulai pukul 18.00 dan WAJIB diselesaikan pada jam yang sama keesokan harinya
2. Dilarang  posting berita/artikel yang ga ada kaitannya di grup.
3. Kalau ga selesai satu juz, karena haid/tidak sempat misalnya, bisa dilelang ke peserta lain.
DLL

Hihihi... lucu juga deh ODOJ itu. Masa ada sistem pelelangan gitu. Awal ngejalanin ya kayaknya susah banget. Alhasil Molzania bagi waktu untuk ODOJ. Kan saru juz itu sekitar sepuluh lembar tuh. Selembar kira-kira membutuhkan waktu sepuluh menit untuk membacanya. Jadi ginilah aktivitas Molzania setiap harinya.
1. Sehabis subuh jam setengah enam : 2 lembar
2. Sehabis shalat dhuha jam sepuluh : 2 lembar
3. Sehabis shalat zhuhur jam dua belas : 2 lembar
4. Sehabis shalat ashar jam tiga : 4 lembar

Atau bisa juga menggunakan rumus 3-3-4 kalau subuhnya kesiangan atau kelupaan odoj. Jadi begini:
1. Sehabis shalat dhuha : 3 lembar
2. Sehabis shalat dzuhur : 3 lembar
3. Sehabis shalat ashar : 4 lembar

Jumlahnya sama-sama sepuluh kan. So, waktunya ga terlalu memberatkan. Molzania gak sanggup kalau mesti ngabisin sepuluh lembar sekaligus -_-" Alhamdulillah sampai sekarang Molzania ga pernah ngelelang juznya atau ambil lelangan karena pake prinsip cicilan kaya diatas hahaa

So, selama ini Molzania pikir ngaji sehari satu juz itu susah. Tapi Molzania berhasil membuktikan kalau selama tahu prinsipnya ga bakalan sulit kok. :D

Semangat!!
Semangat!!
Semangat!! 6(^o^)9

Berlomba-lomba dalam kebaikan ternyata enak juga. Lewat ODOJ, Molzania jadi tahu deh ayat-ayat Al-Quran yang sering Molzania denger di TV ternyata beneran ada. Sekaligus bikin Molzania paham terjemahan ayatnya hohoo

Selain itu keuntungan ODOJ yang Molzania rasakan adalaah hati jadi gak mudah galau. Selama kita sering baca Al-Quran. Insha Allah dehh... ^^

Jadi, kemana-mana Molly usahain sebulan ini untuk senantiasa nyelipin Al-Quran terjemahan di tas. Bukan bermaksud riya', tetapi itu buat kepentingan ODOJ. Rasanya kok sayang banget kalau gak khatam satu juz sehari. Molzania pasti bakalan nyesel banget kalau gak berhasil namatin satu juz karena persoalan sepele. :( :( :(

So, doakan Molzania isriqamah ya dalam ber-ODOJ. Heheee...
Doakan juga rejekinya lancar biar suatu saat impianku ke J2K terkabul...

Salam ODOJ ^^ ***


Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

Sharing is caring ! Give your comment here please :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...