Thursday, November 16, 2017

Nama Daerah Unik Ini Ada di Kota Palembang

Posted by with 7 comments
Sudah lama nggak posting tentang hal-hal yang berbau Palembang. Kali ini Molzania mau membahas nama-nama daerah yang unik aja. Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mendengar nama-nama daerahnya. Beberapa diantaranya sudah lumayan populer bahkan sering terdengar di televisi. Sebenarnya masih banyak daerah-daerah dengan nama unik lainnya. Tapi Molzania mau membahas hanya lima daerah saja kali ini. Penasaran? Mari kita ulas beberapa diantaranya;

1. Jakabaring

Daerah Jakabaring kalau bahasa Indonesia artinya pemuda yang sedang tiduran. Eitss, jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu ya. Daerah Jakabaring saat ini merupakan kawasan olahraga yang mendunia. Bermacam-macam event olahraga internasional pernah diselenggarakan disini. Sebut saja yang paling terkenal Sea Games 2014 dan Asian Games 2018. 


Disini juga berdiri stadion megah dengan luas 40 hektar bernama Stadion Gelora Sriwijaya. Stadion ini merupakan markas tim sepakbola kebanggaan wong kito galo Sriwijaya FC. Tak hanya kawasan olahraga super lengkap, sejumlah pusat hiburan berupa mall didirikan di daerah ini. Selama kurang lebih 17 tahun belakangan daerah Jakabaring berbenah hingga menjadi daerah yang berkelas.

Percaya atau nggak daerah ini pernah mengalami masa-masa suram? Dua puluh tahun yang lalu daerah Jakabaring masih sangat sepi dan tidak terurus. Dulunya kawasan ini masih berupa hutan belantara dan semak belukar.  Bahkan masyarakat setempat enggan berlama-lama menyinggahi tempat ini. Baru pada awal 2000-an, pemerintah setempat mengubahnya menjadi kawasan olahraga. Sebelumnya daerah ini terkenal sebagai kawasan "tempat jin muang anak" atau dalam bahasa Indonesianya dinamakan sebagai tempat jin membuang anaknya. Hiiyy.. seram. 

2. Tanggo Buntung

Pernah membayangkan sebelumnya "Tanggo Buntung" alias tangga yang buntung? Eitts, ini merupakan sebutan daerah legendaris semacam kota tua di Palembang. Letaknya berada di kawasan 36 Ilir Kecamatan Gandus yang lumayan jauh dari pusat kota. Dinamakan kota tua karena ketika kita singgah di tempat ini atmosfer kota Palembang tempo dulu lumayan terasa. Hampir di sepanjang jalan kita dapat melihat rumah-rumah limas asli Palembang yang masih kokoh berdiri. Beberapa diantaranya adalah rumah peninggalan Belanda. Dikarenakan tanggo buntung termasuk daerah lama kota Palembang, maka sebutan untuk orang Palembang asli pun dinamakan "Wong Plembang Buntung".


Daerah Tanggo Buntung juga dikenal sebagai sentra pusat kerajinan songket khas Palembang. Kain songket merupakan kain tradisional asli Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satu hal yang unik dari kain songket asli ialah penggunaan benang emas dalam proses pembuatannya. Bahkan Miss Indonesia 2016, Kezia Warouw, juga mengenakan busana malam yang terinspirasi dari kain songket khas Sumatera Selatan pada ajang Miss Universe 2016. 

3. Kawah Tekurep

Walaupun kota Palembang bukan kawasan pegunungan, tetapi kota ini terdapat kawasan wisata "Kawah Tekurep" atau yang berarti kawah yang tertelungkup atau tengkurep. Letaknya berada daerah 3 Ilir tidak jauh dari pusat kota. Banyak destinasi wisata di kawasan "Kawah Tekurep" yang menarik untuk dikunjungi. Diantaranya wisata air, budaya. museum hingga kawasan ziarah.


Dulunya makam Kawah Tekurep merupakan bagian dari peninggalan sejarah kesultanan Palembang Darussalam. Seperti dilansir Dream, kesultanan Palembang Darussalam didirikan pada abad ke 16 oleh sultan Abdurrahman. Akan tetapi pada pertengahan abad 18, pemerintah kolonial Belanda meruntuhkan kesultanan ini. Selain lokasi wisata, kawasan Kawah Tekurep juga merupakan daerah kota tua di Palembang dimana kita bisa menemukan banyak rumah-rumah tradisional asli Palembang yang masih ditinggali hingga saat ini.

4. Lemabang

Lemabang merupakan kawasan pasar tradisional yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata "Kawah Tekurep". Kalau di daerah Jawa Barat, kita mengenal kota Lemah Abang, nah Palembang juga punya kawasan yang namanya mirip yaitu Lemabang. Terkadang orang luar Palembang sering kecele dengan pelafalannya. Mereka mengira Lemabang itu dinamakan "Lemah Abang". Padahal pelafalannya tetaplah Lemabang, bukan Lemah Abang.


Tidak banyak hal menarik di daerah Lemabang selain kawasan pasar tradisional yang sudah berdiri lumayan lama. Selain lemabang, Palembang juga memiliki beberapa nama pasar yang unik. Diantaranya ialah pasar Kentut dan pasar Cinde. Keduanya merupakan pasar yang bersejarah bagi masyarakat Palembang. Pasar kentut merupakan sebutan untuk kawasan pasar yang sudah ada sejak jaman kolonial yang terletak di kawasan 14 Ilir. Sementara itu penamaan Cinde yang berarti candi dulunya kawasan ini menjadi daerah gerilyawan bagi pejuang kemerdekaan. 

5. Pakjo

Sebutan Pakjo sering dikiaskan oleh muda-mudi wong kito sebagai singkatan dari "Pergi Pacak, Balek Berejo". Maksudnya kiasan ini ditujukan untuk orang yang sedang bokek sehingga uangnya hanya bisa digunakan untuk naik kendaraan sekali jalan, sementara ketika saatnya pulang hanya bisa pasrah. 


Daerah Pakjo merupakan nama kawasan perkotaan Palembang yang terletak di Ilir Barat I. Disini berdiri rutan kelas I Lorok Pakjo dan rumah dinas Gubernur Sumatera Selatan. Kontur tanah daerah ini termasuk berbukit-bukit. Tak jauh dari Pakjo, terdapat Universitas Sriwijaya Palembang yang dulunya merupakan pusat perkuliahan utama sebelum dipindahkan ke kawasan Indralaya. 

Itulah beberapa nama daerah unik yang ada di Kota Palembang. Mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan bagi sobat bubblelatte semuanya. Jika kalian suka berikan komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman kalian yang menyukai kota Palembang. Salam hangat dari Molzania ^_^. 

Monday, November 13, 2017

Review Menu Baru KFC "Chochiks" Spicy Chocolate Chicken

Posted by with No comments
Sumvahh... ini baru inovasi joss gandoss! Lagi-lagi dipelopori oleh KFC Jagonya Ayam. Setelah beberapa waktu lalu jagat perkulineran dihebohkan oleh ayam KFC saus keju yang lalu diikuti oleh banyaknya kuliner keju-kejuan. Kini KFC kembali mengeluarkan menu baru ayam goreng dengan SAUS COKLAT! Bagaimana rasanya? mari kita jelajahi lewat artikel dibawah!


Kebayang nggak sebelumnya makan fried chicken pake coklat leleh? Molzania sih belum. Makanya nih waktu tau KFC mengeluarkan menu yang anti mainstream ini, Molzania langsung capcus malam-malam ngebut ke KFC. Menu sebelumnya KFC pernah mengeluarkan Chicken Hot N' Cheesy yang menurut Molzania nggak terlalu ekstrem. Makan ayam goreng asin ditambah keju asin hmm... bisalah ya. Apalagi makanan ala keju-kejuan sudah banyak bertebaran. Jadi Molzania nggak terlalu tertarik.

Lha menu yang satu ini langsung bikin penasaran. Ayam goreng tepung renyah dipadukan dengan saos coklat? Hmm.. emang enak? Itu pertanyaan pertama yang hinggap di kepala Molzania. Tau sendiri kan? Coklat pasti rasanya manis dicampur ayam KFC gurih, apa nggak aneh tuh rasanya. Hahaa... daripada kepo plus ngences melulu, mending langsung beli aja nggak pake lama.

Suasana KFC sedang ramai-ramainya.
Tapi tetap eksis foto-foto narsis :)
Dari segi harga menu terbaru KFC yang dinamakan Cho' Chicks ini terbilang mahal. Tapi karena Molzania suka ya embat aja. Ada tiga pilihan menu yang ditawarkan; harga sepotong ayamnya tanpa nasi dibandrol Rp. 18.000-an  Kalo harga paketan nasi + ayam + pepsi itu Rp. 31.000-an. Bila ingin rada kenyang ya bisa ditambah french fries alias kentang goreng, harganya menjadi Rp. 38.000-an.

Kalo Molzania sih kemarin pilih paketan kedua aja ayam + nasi + pepsi. Soalnya mau tambah side dish gocengan corn soup + sundae ice cream. Niatnya mau ganti minuman berhubung Molzania alergi coca cola. Sayangnya pepsinya ga bisa ganti ke minuman lain. Hikz. Iya guys, Molzania itu alergi minuman soda. Kalau sudah minum itu, nggak pake lama keesokan harinya langsung radang tenggorokan. Nggak tau kenapa.

Flyer Menu Chochiks KFC
Yaudah Molzania merelakan untuk minum pepsi kali ini. Alasannya karena Molzania memang pengen minum (ngebandel), beli minuman laen sayang duit terus lupa bawa minuman aer putih. Paling nanti siap-siap ngemut permen pelega tenggorokan biar nggak radang. Demi cobain si ayam plus saus coklat cabe ! \(^o^)/

Begitu ayamnya sampe, langsung diserbu oleh Molzania untuk dicolek saus coklatnya. Ternyata nih guys, saus cokelatnya itu manis dan agak pedes. Poin plus-plusnya lagi sausnya itu lho kentel pisan. Selama ini rasa coklat yang kita tahu itu manis nyelekit. Tapi ini saus coklat di KFC itu manisnya pas dan pedes. Jadi sama sekali nggak bikin enek.


Kekurangannya menurut Molzania saus coklatnya kurang banyak. Gitu doang masa coklatnya. Diwadahin juga kek pake wadah kecil-kecil untuk naroh saos. Tapi dipikir-pikir kalo banyak-banyak bakalan jadi enek rasanya. Jadi emang lebih baik dibikin garnish aja coklatnya. Well jangan bilang abis ini bakal banyak yang jual ayam geprek plus saos coklat ya? #Eh Dulu aja pas KFC mengeluarkan ayam saos keju, langsung banyak tuh yang ngikut-ngikut serba keju-kejuan segala hahaaa... !



Menurut Molzania kuliner KFC ini memang ekstrem deh. Dulu-dulu pernah sih nyicipin coklat rasa cabe, tapi Molzania kurang suka. Nah makan ayam + saus coklat ini entah kenapa Molzania suka. Kalau dirasain sekilas, rasanya mirip kaya lagi makan ayam saos asam manis. Tapi ini berasa banget coklatnya. Nggak heran kalau saat ini menu jadi menu kekinian. Soalnya memang bener-bener beda!

Buat kalian pecinta coklat plus makanan-makanan ekstrem, kudu cobain ayam KFC saus coklat ini. Biarpun dimakan pake coklat, rasanya nggak bikin enek malah keenakan. Overall nilai menu baru KFC ini Molzania kasih angka 9 untuk rasa+inovasinya. Always waiting menu-menu kekinian lain dari KFC, memang jagonya ayam! *kekepin dompet* *tears*

Thursday, November 9, 2017

Review Masker Daiso Rasa Matcha Original Made In Japan

Posted by with 7 comments
Maskeran sambil minum teh sepertinya udah biasa ya. Bagaimana kalau merasakan pengalaman ngeteh tapi dalam bentuk masker? Hari ini Molzania mau mereview produk kecantikan yang tergolong unik. Sayangnya produk ini belum ada di Indonesia. Tetapi Molzania beli ini di Jepang. Spesialnya karena bahan maskernya terbuat dari matcha. Iya, teh hijau bubuk khas Jepang ituloh, Seperti apa rasanya maskeran rasa teh ini? Yuk simakin artikelnya dibawah.


Molzania sendiri sebenarnya merupakan penggemar berat matcha. Seringnya sih beli dalam bentuk minuman dingin ala bubble-bubble tea. Ini merupakan pertama kalinya menggunakan masker matcha. Dari awal Molzania sudah tahu sih manfaat alami teh hijau khas Jepang yang satu ini. Matcha itu sendiri merupakan daun teh hijau (dalam bahasa jepangnya, ocha) yang telah mengalami penggilingan. 

Nah daun teh hijau ini konon mengandung antioksidan 100 kali lebih besar sehingga mampu membersihkan debu polusi dan mengurangi minyak pada wajah. Jadi cocok banget untuk kalian yang memiliki wajah berminyak. Selain itu matcha juga bermanfaat untuk relaksasi alami untuk mencegah stress.


Jepang memang termasuk negara rajanya inovasi. Makanya produk yang mereka keluarkan seringkali aneh dan tidak biasa. Nah masker berbahan matcha salah satunya. Meski begitu, masker matcha yang Molzania beli ini tergolong murah meriah. Kenapa? Karena masker ini merupakan produk dari Daiso. Daiso itu minimarket di Jepang yang menjual barang hanya dengan satu harga.

Eittss, bukan Molzania yang pergi ke Jepangnya kok. Ini barangnya Molzania nitip sama teman. Dan harga maskernya kurang lebih Rp. 25.000 (sudah disesuaikan dengan kurs jepang + pajak, dll). Harga segini lumayan fairlah ya untuk produk dari luar negeri. Molzania pernah cek di konter produk kecantikan Korea di mall harga masker mereka malah lebih mahal.


Begitu dipake, masker matcha ini memang berasa banget rasa matchanya. Bau tehnya lumayan kerasa. Kalo menurut Molzania sih kurang enak baunya. Mirip-mirip kaya asem-asem teh basi gitu. Tapi plusnya cairan moisturizernya juga lumayan banyak. Daripada kebuang, ya Molzania balurin aja ke seluruh tubuh. 

Sebagaimana masker Daiso yang lain, Masker Matcha ini ampuh banget untuk melembabkan kulit. Efeknya langsung terasa pas pemakaian pertama. Wajah Molzania jadi lembab seharian. Padahal baru sekali make loh. Waktu pemakaian hanya 15 menit. Overall Molzania suka sama produk-produk kecantikan keluaran Daiso. Alasannya selain ramah di kantong, kualitasnya nggak kalah dari masker-masker yang harganya lebih mahal.


Masker dalam bentuk tisu kayak gini itu lebih praktis. Daripada pake masker yang dalam bentuk liquid. Sebelum ini Molzania udah lumayan sering mereview produk masker Daiso. Diantaranya masker Daiso BB Face Mask with Collagen. Dari segi hasil sama saja sih. Tapi kalau mau masker yang ada rasanya, kudu cobain masker matcha ini. Soalnya masker face mask itu literally plain. Asal tahan sama bau asem tehnya, masker matcha lumayan berguna.

Sekian review Masker Daiso Original Matcha dari Molzania. Semoga kalian suka ya sama review Molzania. Kalau kalian suka jangan lupa share artikel ini ke teman kalian. Tungguin artikel-artikel review produk kecantikan Molzania selanjutnya ya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Tuesday, November 7, 2017

Ketika Urusan Kado Tak Serumit Sebelumnya

Posted by with 2 comments
Kalau kita menyelenggarakan pesta ulang tahun atau pernikahan, umumnya para tamu undangan akan memberikan hadiah berupa kado atau amplop. Inginnya kita tentu saja diberi barang-barang yang memang benar-benar kita butuhkan. Tapi kita tidak bisa menentukan sendiri kadonya bukan? Hal ini terkadang menyebabkan penumpukan atas salah satu barang dan itu menjadi mubadzir.


Ini pengalaman Molzania banget lho. Seringnya sih bertindak sebagai pemberi kado. Setiap menerima undangan, entah itu pernikahan atau ulang tahun temen, suka kebingungan memilih kado yang tepat. Ujung-ujungnya malah ngasih amplop lagi, amplop lagi. Padahal nih jika posisi Molzania sebagai penerima kado, inginnya kita mendapat hadiah spesial. Sebuah kejutan manis dari sahabat seolah mereka mempunyai kemampuan untuk membaca pikiran.


Tentunya itu semua hanya khayalan. Orang-orang tak akan bisa menebak apa yang Molzania. Hal yang perlu Molzania lakukan ialah memberitahukannya kepada semua orang. Nah dengan memanfaatkan teknologi, kita sekarang bisa mengumumkan kado apa yang paling kita inginkan kepada tamu undangan. Jadi mereka tidak perlu repot-repot menebak-nebak lagi. Caranya yaitu melalui sebuah situs gift registry. Memang sih ini tidak umum di Indonesia. Tapi di luar negeri, ini sudah lumayan populer. 

Sistem ini mulai diperkenalkan pada tahun 1924 untuk pertama kalinya oleh Marshall Fields yang merupakan pemilik sebuah departemen store di Chicago, dimana pasangan yang akan menikah diperkenankan untuk memilih barang-barang di tokonya sesuai dengan keinginan mereka. Nantinya barang-barang tersebut akan dipersembahkan oleh para tamu undangan sebagai kado pernikahan. Sistem yang unik dan inovatif ini lalu dengan cepat menjadi populer dan menyebar di kalangan masyarakat luas. 

Penggunaan gift registry biasanya diperuntukkan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup. Sebuah momen spesial yang tidak ingin kita lalui begitu saja. Dan pastinya semua orang inginkan yang terbaik saat merayakannya. Momen-momen itu misalnya saja pesta pernikahan, kelahiran bayi, dan perayaan ulang tahun.


Sebenarnya tidak hanya pemberi kado yang akan menerima manfaat, kita sebagai pembuat acara pun akan diuntungkan. Dengan mengumumkan apa-apa saja yang kita inginkan kepada kerabat dan tamu undangan, mereka semua tidak perlu repot menebak-nebak kado untuk kita. Isi kado yang sama juga bisa diminimalisir. Apalagi saat ini sistem gift registry sudah mulai merambah dunia online juga. Semua jadi makin mudah dan hemat waktu.

Di Indonesia sendiri sudah ada lho situs online yang menyediakan layanan gift registry ini. Namanya Wishlistku. Bila kamu kebetulan sedang merencanakan untuk merayakan momen penting, maka situs ini boleh banget dicoba. Disini ada ribuan hadiah yang bisa kamu pilih. Nantinya Wishlist akan menampilkan daftar barang yang tersedia di toko online lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Tidak hanya itu, sobat juga bisa buat daftar kado sendiri jika barang yang sobat inginkan belum tersedia.

Kelebihan dari Wishlist disini disediakan pembayaran dengan sistem patungan. Tentu saja hal ini nggak akan memberatkan pemberi kado. Mereka bisa bersama-sama dengan yang lain membelikan apa yang benar-benar kalian inginkan. Dengan memberikan link khusus yang berisi daftar kado yang telah kalian pilih, kerabat dan teman bisa langsung melakukan transaksi disana. Ada sejumlah metode pembayaran yang bisa dipilih. Diantaranya lewat ATM dan internet banking Bank Mandiri, Bank Permata, dan jaringan ATM bersama.


Jika donasi hadiah yang didapat dari sistem patungan tidak mencukupi, maka penerima kado mendapatkan hasil patungannya tadi dalam bentuk cash. Jadi penerima kado tetap akan menerima manfaat dari apa yang telah kita setorkan. Meskipun itu tidak dalam bentuk barang yang mereka inginkan.


Menurut Molzania, sistem gift registry ini sangat membantu sekali nantinya. Tidak hanya itu, perayaan kita akan menjadi unik. Selain itu momen penting kita akan semakin bermakna karena kita mendapatkan hadiah yang paling kita inginkan dari kerabat dan sahabat. Mereka yang memberi kado juga akan merasa bahagia. Pemberian mereka jadi hal yang tidak sia-sia dan bermanfaat untuk kita.

*artikel ini diikutsertakan dalam Blog Contest Wishlistku 2017*

Sunday, November 5, 2017

5 Hal yang Bikin Kangen Dari Radio

Posted by with 8 comments
Salah satu alat hiburan yang masih eksis saat ini di tengah gempuran teknologi canggih ialah radio. Meskipun sekarang udah ada internet, tapi radio tidak kehilangan eksistensinya. Biasanya sih kebanyakan orang menyetel radio sebagai teman di waktu luang. Daripada misalnya suntuk terjebak di jalanan macet, mending asyik dengerin musik terbaru lewat radio.


Sekitar tahun 90an ke bawah, orang-orang masih mendengarkan siaran radio secara manual. Pada masa ini, stasiun radio sudah semakin canggih. Mulai bermunculan satu persatu radio yang memfasilitasi channelnya lewat live streaming. Fasilitas ini bikin radio jadi mudah dinikmati kapanpun dan dimanapun. Bahkan kita juga bisa mendengarkan siaran dari radio-radio seluruh dunia. Sebenarnya apa sih yang bikin radio tetap eksis saat ini? Berikut ini Molzania sudah melist 5 hal yang bikin kangen dari radio:

1. Musik-Musiknya dan Beritanya Selalu Update

Pengen tahu lagu yang lagi hits saat ini? Dengerin saja stasiun radio di kotamu. Salah satu keunggulan radio dari alat hiburan lainnya ialah radio hanya bisa didengarkan. Tidak perlu capek-capek mengklik ataupun menggeser-geser ala touchscreen. Cukup pasang earphone, beres. Ada banyak pilihan radio yang bisa kamu pilih. Anak muda biasanya selalu mencari acara musik, sementara orang-orang yang berusia lebih tua mendengarkan siaran berita. Semua radio memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri. Makanya tidak heran kalau radio masih memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia.


2. Punya Program Unggulan yang Paling Dinanti

Setiap radio punya program unggulan yang berbeda-beda. Tentunya ini disesuaikan dengan genrenya masing-masing. Radio musik misalnya. Molzania paling suka dengan acara Top 10 Musik Favorit yang biasanya hadir secara mingguan. Disini kita bisa dengerin 10 lagu-lagu yang paling banyak direquest oleh para pendengar. Biasanya selain dengerin lagunya, penyiar juga suka menyajikan fun facts dan info-info seru seputar penyanyi atau band yang lagunya masuk daftar 10 favorit.


3. Suara Penyiarnya Kece dan Menghibur

Generasi 90an seperti Molzania semasa sekolah pasti masih akrab dengan radio. Ayo ngaku yang pada tergila-gila dengan salah seorang penyiar radio yang bersuara kece? Penyiar yang biasanya bersuara merdu dan serak-serak basah banyak disukai oleh pendengar. Apalagi kalau sang penyiar punya talenta lain semisal menyanyi dan membaca puisi. Terkadang saking sukanya sama suaranya, kita jadi ikut membayangkan rupa asli si penyiar. Identiknya penyiar bersuara merdu pasti cantik dan ganteng. Padahal sih cantik dan ganteng itu relatif kan ya?


4. Sesi Interaksi dengan Penggemar

Ini dia yang bikin paling kangen dari radio? Apalagi kalau bukan sesi interaksi dengan penggemar. Biasanya dilakukan lewat telepon atau media sosial. Salah satu yang menarik dari sesi ini kita dipersilahkan untuk menyapa penyiar secara langsung. Yakin deh bagi fans ini momen yang bikin deg-degan. Gimana nggak lah ya? Selain kesempatan mengobrol dengan idola, suara kita juga terdengar hingga seantero kota. Makanya kita nggak mungkin nggak melewatkan momen ini untuk kirim-kirim salam dan request lagu. Apalagi kalau kebetulan radio kesayangan sedang mewawancarai artis ibukota. Jantung makin empot-empotan deh.


5. Setiap Kota Punya Radio Legenda

Percaya atau nggak setiap kota pasti punya stasiun radio legenda. Sebutan legendaris disini mengacu kepada lamanya stasiun radio tersebut berdiri dan masih terus eksis hingga saat ini. Salah satunya di Kota Palembang itu Radio Suara Pesona Indah 99.10 FM. Radio ini sudah berdiri sejak tahun 1983 dan melayani siaran radio seantero kota Palembang dan sekitarnya. Dengan mengusung genre radio  khas anak muda, Radio Suara Pesona Indah (SPI FM) punya banyak program acara musik kekinian yang melekat di hati masyarakat Palembang.


Itulah beberapa hal yang bikin kangen dari radio. Semoga bisa menghibur sobat-sobat bubblelatte semuanya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

Friday, November 3, 2017

Kisi-Kisi Ujian CA Sistem Informasi dan Pengendalian Internal

Posted by with No comments
Tepat kamis seminggu yang lalu, Molzania kembali ikut ujian Chartered Accountant untuk yang ke-4 kalinya. Kali ini Molzania mengambil mata ujian SIPI alias Sistem Informasi dan Pengendalian Internal. Seperti biasa setelah ujian Molzania akan membagikan kisi-kisi tentang materi ujian yang barusan Molzania alami. Lengkap dan spesial untuk bubblelaters semua,, !


Salah satu tantangan yang Molzania khawatirkan ialah soal studi kasus. Lumayan banyak yang membantu terutama dari teman-teman di grup Chartered Accountant Indonesia di Facebook. Salah satu tujuan membuat grup khusus CAI ya itu, saling berbagi informasi dan kisi-kisi ujian CA. Saat ini sudah cukup banyak yang bergabung disana. Molzania sendiri tidak menyangka kalau anggota yang ingin bergabung banyak. Soalnya ujian CA memang terbilang sulit.

Persiapan Molzania untuk ujian SIPI ini tidak terlalu banyak. Hanya membaca modul dan beli buku tambahan. Buku yang Molzania beli pun tersedia secara online. Ada beberapa versi baik original atau kw. Tinggal pilih saja yang sesuai budget. Kemarin sih beli di Tokopedia. Judul bukunya Sistem Informasi Akuntansi karya Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart dari Salemba 4 edisi 12.
Buku ini sudah lumayan banyak edisinya. Jadi kalau bisa ya pilih edisi yang terbaru. Tahu buku ini dari referensi buku yang ada di modul CA SIPI. Toh memang buku ini sangat membantu. Kalau yang ingin sukses ujian CA lebih baik pelajari buku ini. Ketimbang modul SIPI sendiri, buku ini lebih worthy mengupas tuntas tentang kisi-kisi ujian CA. Soal yang sama persis dengan ujian pun hampir 100 persen. Kekurangannya siap-siap saja terkena serangan jantung soalnya buku ini mencapai 800an halaman lebih. Haha.

Ok, selanjutnya kita mulai membahas materi dari studi kasus ya. Soal studi kasus CA SIPI kemarin hanya ada dua soal. Kasusnya diambil dari salah satu artikel dari Siaran Pers Bank Indonesia. Isinya kurang lebih membahas isu-isu terbaru dari SIPI yang ada di Indonesia. Tepatnya tentang peralihan sistem pembayaran manual ke sistem pembayaran non tunai baru-baru ini. Saran dari Molzania untuk bisa menjawab studi kasus ujian SIPI adalah sobat harus banyak-banyak membaca berita tentang keuangan di portal online, baik itu Kompas, Detik, dan lain-lain.   


Pertanyaan pertama dari soal studi kasus kita ditanya tentang pengaruh dari kebijakan BI tersebut terhadap perusahaan yang masih menggunakan sistem tunai. Soal yang kedua menanyakan tentang rancangan pengendalian yang dilakukan terhadap sistem baru tersebut. Kita harus mengklasifikan rencana pengendalian tersebut ke dalam lima kategori; pengendalian preventif, pengendalian deteksi, pengendalian koreksi, pengendalian umum dan pengendalian aplikasi.

Gimana nih sobat tanggapan atas soal studi kasus Molzania kemarin? Menurut Molzania sih fifty-fifty. Kita disini dituntut untuk bisa mencerna apa yang diminta dalam soal disesuaikan dengan apa yang telah dipelajari di modul. Molzania nggak akan membahas jawaban soalnya ya disini. Biarkan sobat mengembangkan jawaban sendiri saja based on your own opinion. Soalnya opini kita kan beda-beda. Hehe.


Lanjut ke soal essay yang jumlah soalnya hanya tiga biji. Akan tetapi soal pertama beranak 4 loh. Untuk soal pertama ini lebih masuk ke bahasan studi kasus ketimbang materi. Ceritanya ada sebuah perusahaan dimana bagian SDM dan bagian penggajiannya terpisah. Divisi penggajian awalnya dimasukkan ke dalam departemen keuangan. Nah masing-masing bagian memiliki kualifikasi pendidikan yang berbeda-beda. Bagian SDM kebanyakan karyawannya berasal dari pendidikan non akuntansi (hukum, psikologi, dll), sementara bagian penggajian diisi oleh akuntan.

Dari kasus tersebut, kita lagi-lagi diminta untuk mencerna apakah hal yang dipisahkan tersebut diperbolehkan. Lalu soal selanjutnya kita ditanyakan manfaatnya bila terjadi penggabungan, dampak dan pengaruh dari penggabungan, dan sebagainya. Intinya soal yang ditanyakan merupakan pengembangan dari pernyataan soal yang pertama.


Dua pertanyaan essay lainnya termasuk ringan. Soal essay kedua menanyakan tentang arti pengendalian internal dan kaitannya dengan direksi dan komisaris. Terakhir ditanyakan pula pengertiann dari; general ledger reporting system, transaction process system dan management reporting system. Adapun soal pilihan ganda tidak terlalu sulit sih. Terpenting bisa menguasai modul plus pahami bahasa Inggris. Beberapa pilihan ganda ada yang disajikan dalam bahasa Inggris. Bukan soalnya ya tetapi a, b, c. d-nya itu loh.

Itulah kisi-kisi lengkap materi ujian SIPI Molzania kemarin. Tidak hanya itu untuk berjaga-jaga, Molzania juga akan membagikan kisi-kisi soal ujian SIPI periode-periode lalu yang didapat dari beberapa teman ppak di grup CAI. Kisi-kisi soal ujian CA periode sebelumnya itu berkisar antara flow chart & diagram, virus-virus komputer (ada dibukunya SIAnya si Paul), XBLR, dan elemen pengendalian internal COSO. Saran Molzania kita harus setidaknya menguasai semua elemen pengendalian internal 3 CO (COBIT, COSO dan COSO ERMF). 


Studi kasus CA periode sebelumnya juga pernah membahas Revaluasi Aset PLN selama dua kali berturut-turut. Jadi pastikan kalian juga mempelajari artikel tersebut. Selesai. Saat ini total udah ada empat mata ujian CA yang sudah Molzania bagikan kisi-kisinya. Keempatnya yaitu Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat, Akuntansi Manajemen Lanjutan, Manajemen Stratejik, dan Sistem Informasi dan Pengendalian Internal. Untuk yang lainnya harap bersabar ya tunggu Molzania selesai ujian baru akan dibagikan. ^^

Sekian dulu artikel Molzania tentang ujian Chartered Accountant Indonesia. Kalau kalian suka dengan artikel Molzania jni, jangan lupa share ke teman kalian yang juga membutuhkan informasi tentang kisi-kisi ujian CA. Jangan sungkan pula untuk gabung dengan Molzania di grup Facebook Chartered Accountant Indonesia. Mudah-mudahan semua informasi yang Molzania bagikan bermanfaat untuk sobat bubblelatte. Salam hangat dari Molzania ^_^

Wednesday, November 1, 2017

Cara Mudah Registrasi Ulang Simcard Bisa Lewat Online Tanpa Harus ke Gerai. WAJIB BACA!

Posted by with 4 comments
Pemerintah baru-baru ini mewajibkan seluruh masyarakat Indonesia untuk meregistrasi ulang simcard. Sayangnya banyak konsumen yang mengeluh kalau mereka gagal melakukan pendaftaran ulang via sms. Provider menyarankan untuk melakukan registrasi ulang via sms maksimal hingga 5 kali. Ini tidak berlaku untuk Molzania. Hingga batas 5 kali daftar masih tidak berhasil. Molzania pun mencoba mencari tahu cara lain untuk registrasi simcard via online tanpa harus datang ke gerai provider. PELANGGAN INDOSAT DAN XL WAJIB BACA SAMPAI AKHIR!


Saat ini Molzania menggunakan dua nomor simcard dengan provider yang berbeda. XL dan Indosat. Keduanya memiliki masalah yang berbeda-beda. Dan kedua-duanya sama-sama pernah GAGAL registrasi ulang. Untuk XL masalah sudah terpecahkan. Kalian bisa melakukan registrasi via website resmi XL. Masalahnya terdapat perbedaan data-data yang harus dimasukkan. Kalau via web XL, selain nomor ktp dan kk kita juga harus memasukkan nama ibu kandung. 

Ya, Molzania registrasi simcard XL sejak pertengahan oktober lalu. Molzania awalnya berpikir kalau semakin awal registrasi maka akan semakin bagus. Dan waktu itu memang sudah ada pemberitahuan untuk melakukan registrasi meski diwajibkan akhir oktober. Dari awal beredar Molzania sudah tahu bahwa data-data yang kita masukkan yaitu nomor kk atau nama ibu kandung.


Akhirnya tanpa berpikir panjang, Molzania memasukkan kedua data tersebut via web registrasi XL. Awalnya sih Molzania hanya mau memasukkan salah satu saja. Tapi ternyata web XL menolak untuk lanjut ke tahap berikutnya. Jadi kita harus memasukkan kedua-dua datanya untuk bisa registrasi via web. Ini juga sudah Molzania konfirmasi ulang oleh pihak XL Care. Untungnya bukan nama asli ibu kandung yang Molzania masukkan, akan tetapi nama samarannya saja. 

Beberapa hari yang lalu, Molzania pun mendapati bahwa kita tidak harus memasukkan data nama ibu kandung. Hari ini Molzania pun iseng masuk ke web registrasi xl lagi. Dan tebak apa yang Molzania dapati disana? Kolom registrasi untuk memasukkan nama ibu kandung pun mendadak hilang. Disini Molzania sebagai pelanggan merasa dibohongi oleh pihak XL. Beneran deh! Molzania sebelumnya sudah menginput data yang mereka minta. Lalu mereka seenaknya menghilangkan kolom data nama ibu kandung.


Merasa dibohongi Molzania lalu komplain ke pihak XLCare. Lumayan lama juga nunggunya. Sejaman lebih masa lewat fasilitas live chat. Akhirnya diberitahu kalau memang mereka sudah mengubah formnya, dikarenakan peraturan pemerintah berubah. Dan data-data Molzania AMAN tersimpan dalam database mereka. Alasannya karena XL ada ketentuan ISO 270001 tentang standar keamanan data pelanggan sehingga XL selaku pihak telekomunikasi akan merahasiakan data pelanggan.

Tapi tetap saja was-was banget terhadap data-data yang sudah Molzania masukkan. Entah itu nomor kk dan ktp. Kalau data nama ibu kandung sih memang sudah dari awal sengaja untuk TIDAK memberikan nama asli. Semoga emang gak berpengaruh kedepannya. Molzania akan menyimpan screenshot percakapan XL deh untuk berjaga-jaga. Toh mungkin juga banyak sobat yang juga sudah memasukkan data-data penting dan asli di web XL. Soalnya di sosial media resmi XL juga sudah banyak yang melakukan komplain serupa dengan Molzania. :(


Lanjut untuk registrasi ulang nomor Indosat. Hingga saat tulisan ini dibuat, Indosat belum tersedia  registrasi ulang secara online lewat website seperti halnya XL. Tapi beberapa hari lalu Molzania iseng untuk nanya via email cs Indosat Ooredoo. Tidak seperti XL, Indosat tidak menyediakan fasilitas live chat. Pun menelepon csnya terbilang sulit. Molzania gagal terus menelepon 185 via nomor IM3. 

Lumayan lama juga menunggu email balasannya. Selang dua hari kemudian baru mendapat balasan. Kata pihak cs, Molzania bisa melakukan registrasi via email. Asal bersedia memberikan data-data seperti foto ktp dan kk beserta harus menjawab sejumlah data lainnya. Sempat mundur-maju juga sih menyerahkan data-data penting macam foto ktp dan kk kepada pihak yang nggak dikenal. 


Hanya saja bismillah saja deh. Toh diberikan kepada email resmi Indosat. Persyaratan untuk ke gerainya juga kurang lebih sama. Kita harus membawa ktp dan kk asli serta fotokopian untuk ditunjukkan kepada staff yang bertugas. Bedanya kalau ke gerai kita harus mengantri dan pasti banyak banget yang mau registrasi via manual juga. Kalau via email kan kita hanya menunggu balasannya saja. 

Sekarang Molzania sedang menunggu balasan dari pihak Indosat. Nanti kalau sudah dibalas, bakalan Molzania update lagi apakah cara ini berhasil atau tidak. Untuk provider lain, coba deh Molzania sarankan untuk mengontak email csnya masing-masing untuk mencoba registrasi via online. Bisa dicari via Google atau ke web resmi masing-masing providernya saja. Mudah-mudahan semua bisa berhasil registrasinya. Kalau boleh mengkritisi, kebijakan pemerintah ini rada aneh deh. Apa nggak cukup gitu registrasi ktp saja malah harus nambah registrasi kk juga. -_-

Klik untuk Memperbesar
Tapi kalau dipikir-pikir sepanjang itu untuk kebaikan bersama, kenapa nggak ya sobat? Tujuannya kan untuk mengurangi penipuan via online. Jadi kalau ada penipu dan penyebar hoax, gampang ketahuan. Asal kedepannya nggak disalahgunain data-data kita oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tambahan lagi kalau nantinya kita juga hanya bisa memiliki maksimal 3 nomor hape untuk satu provider. Yang biasa gonta-ganti nomor hp buat internetan bakal bermasalah nih. Hehehe..

Lagipula sistem registrasi simcard ini sudah lumayan lama kan sebenarnya? Kalau nggak salah sudah mulai digalakkan sejak pertengahan 2000-an atau menjelang 2010an akhir deh. Selama ini Molzania fine-fine saja dengan data-data yang sudah Molzania berikan kepada petugas provider. Semoga yang ini juga nggak bermasalah. Aamiin. :)

Monday, October 30, 2017

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Wajah untuk Kulit Berminyak

Posted by with 7 comments
Apakah kulit sobat termasuk tipe yang berminyak? Memiliki kulit berminyak memang terkadang menyebalkan. Apalagi ketika bangun tidur, rasanya wajah sudah seperti wajan penggorengan. Kulit berminyak disebabkan oleh kadar produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Hal ini biasanya dikarenakan faktor keturunan.


Lantas apakah dengan kulit berminyak kita berdiam diri dan hanya pasrah menerima nasib? Tentu saja tidak. Solusinya kulit berminyak juga membutuhkan perawatan. Bukan untuk menghilangkan kadar minyaknya sama sekali. Minyak esensial diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi yang kita lakukan ialah dengan mengontrol produksi minyak. Membuatnya kering malah justru membuat tubuh melakukan perlawanan sehingga malah memproduksi lebih banyak minyak.

Berikut tips-tips menjaga kesehatan wajah untuk kulit berminyak:

1. Selalu Menggunakan Produk Kecantikan untuk Kulit Berminyak

Produk kecantikan dan make up biasanya dilengkapi dengan pilihan yang disesuaikan tipe kulit kita. Sebelum membeli suatu produk, pastikan itu memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Selalu gunakan produk kecantikan yang water based bukan oil based atau silicon based. Produk-produk kecantikan untuk kulit berminyak atau berbahan dasar air memiliki kandungan khusus untuk menahan produksi minyak. Jika kita menggunakan produk yang tidak sesuai apalagi bila itu berlawanan, maka bisa jadi produknya malah tidak cocok untuk kulit dan malah memperparah kadar minyak. 

2. Rutin Membersihkan Wajah Setiap Hari

Bersihkan wajah sekali sehari menjelang sore hari. Pada pagi hari gunakan toner, sunscreen dan moisturizer. Jangan lupa bersihkan pula setiap habis berolahraga. Gunakan sabun muka untuk kulit berminyak. Apabila muncul jerawat, jangan dipencet karena justru akan semakin memperparah jerawat. Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan muka. Lebih baik gunakan kertas minyak atau tisu basah yang lembut dan steril bila ingin mengelap keringat. 

3. Jauhi Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini

Untuk sobat dengan kulit berminyak disarankan untuk tidak sering-sering mengonsumsi makanan yang terbuat dari susu, kacang-kacangan, karbohidrat, lemak, gula, dan goreng-gorengan. Semua makanan ini akan meningkatkan kadar produksi minyak dalam tubuh sobat. Perbanyak asupan buah-buahan yang mengandung pemanis alami seperti beri-berian, mangga, pisang beku, dan lemon. Buah-buahan ini tentunya lebih sehat dan bebas lemak jahat.

4. Ganti Sarung Bantal Sesering Mungkin

Tidak hanya wajah, sarung bantal juga harus sering diganti. Minimal seminggu sekali. Kita tidak ingin kan sisa minyak dan bakteri yang menumpuk pada bantal lantas menyentuh muka kita. Jika rambut kita panjang, lebih baik diikat kuda daripada diuraikan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan muka.


Itulah tips mudah menjaga kesehatan wajah untuk kulit berminyak ala Molzania. Mudah-mudahan dapat memberikan pengetahuan untuk sobat bubblelatte semua. Sampai jumpa lagi di tips-tips menarik selanjutnya. Salam hangat dari Molzania. ^_^

*tulisan diikutsertakan dalam event Collaborative Blog "Komunitas Emak Blogger" Kelompok Dian Sastro dengan trigger post "5 Cara Menjaga Kesehatan untuk Karyawan" karya Firda Winandini #KEBBloggingCollab #ODOPOKT13

Saturday, October 28, 2017

6 Tips Saat Mengajukan Pinjaman Uang

Posted by with 6 comments
Saat sobat akan mengajukan pinjaman dana, maka akan muncul risiko terjerat utang pula. Jadi, jika sobat tidak bisa melakukan perhitungan dan analisis yang tepat, maka akan sangatlah mudah bagi sobat untuk terjerumus dalam tumpukan hutang. Nah, jika sobat tidak ingin hidup dalam lilitn hutang, maka sobat harus mempelajri beberapa cara yang bisa sobat terapkan saat mengajukan pinjaman dana. Bertanggung jawab akan pinjaman dana yang sobat ajukan sangatlah penting, sekecil apapun nominal dana yang sobat pinjam. Apalagi di zaman sekarang orang pasti mempunyai hutang. Semakin banyaknya produk perrbankan yang merupakan pinjaman adalah salah satu alasan mengapa masyarakat kerap sekali mengandalkan hutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti kredit rumah, mobil, bahkan smartphone baru. Namun satu hal yang kerap dilupakan oleh para debitur adalah adanya risiko yang besar pada saat sobat memutuskan untuk meinjam uang. Salah satunya adalah terlilit hutang yang tak ada habisnya.



Meskipun sobat kredit online tanpa kartu kredit dimana cara tersbebut merupakan cara mengajukan pinjaman dana yang mudah dan cepat, namun tetap ada risiko sobat akan menumpuk hutang. Lalu bagaimana solusinya? Sebenarnya caranya cukup mudah. Sobat harus lebih bertanggung jawan akan pinjaman yang sobat ajukan. Dengan meminjam uang, maka sobat akan berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Kali ini marilah kita bersama mempelajari 6 tips yang dapat sobat terapkan pada saat mengajukan pinjama supaya sobat tak terjerat hutang.

1. Pinjaman nominal uang sesuai dengan kemampuan finansial sobat

Banyak orang masih mempunyai persepsi yang salah akan berhutang bahwa uang tersebut dapat mereka gunakan untuk memenuho kebutuahn sehari-hari atau bahkan justru digunakan untuk memenuhi keinginan yang sebenarnya tidak peril. Sebagai contoh kartu kredit, memang kartu yang satu ini bisa sobat gunakan walaupun sobat sedang tidak punya uang. Rekening sobat kosong bukanlah suatu masalah karena sobat bisa menggunakan kartu kredit kapan saja. Namun pada saat sobat menggunakan kartu kredit, bukan berarti setiap transaksi yang sobat lakukan dibayar oleh pihak bank. Pada dasarnya pihak hanya akan memberikan sobat pinjaman dana jangka pendek. Kemudian sobat harus melunasi nominal tersebut di kemudian hari. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan fatal karena tidak memikirkan kemampuan mereka dalam membayar tagihan setiap bulannya. Akibatnya mereka justru terjerat hutang yang berkepanjangan.Namun akan jadi beda cerita bila sobat mengetahui besarnya kemampuan finansial sobat. maka scara tak langsung, sobat juga belajar menjadi debitur yang baik dan bertanggung jawab. Selain itu, sobat juga dapat meminimalisir risiko hutang yang bisa menumpuk. Ingat, tidak peduli sebesar apapun pinjaman yang bisa sobat dapatkan, sobat harus meminjam dana sesuai dengan kemampuan sobat dalam membayar tiap bulannya.



2. Mulailah hanya dengan satu kartu kredit saja

Terkadang kartu kredir menawarkan berbagai macam promo yang menarik dan menguntungkan. Contohnya seperti promo potongan harga, cashback pada retail,atau kemudahan dalam transaksi non tunai. Namun bukan berarti sobat sbeaiknya mempunyai banyak kartu kredit. Pada dasarnya, semakin banyak hanya akan memberikan sobat pinjaman dana jangka pendek. Kemudian sobat harus melunasi nominal tersebut di kemudian hari. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan fatal karena tidak memikirkan kemampuan mereka dalam membayar tagihan setiap bulannya. Akibatnya mereka justru terjerat hutang yang berkepanjangan.Namun akan jadi beda cerita bila sobat mengetahui besarnya kemampuan finansial sobat. maka secara tak langsung, sobat juga belajar menjadi debitur yang baik dan bertanggung jawab. Selain itu, sobat juga dpat meminimalisir risiko hutang yang bisa menumpuk. Ingat, tidak peduli sebesar apapun pinjaman yang bisa sobat dapatkan, sobat harus meminjam dana sesuai dengan kemampuan sobat dalam membayar tiap bulannya.


3. Melunasi tagihan kartu kredit secara penuh

Apakah sobat adalah tipe orang yang selalu membayar penuhtagihan kartu kredit Anda? atau sobat memang sudah terbiasa selalu melakukan pembayaran minimum? Dalam pembaaran kartu kredit, pihak bank pasti akan menentukan jumlah pembayaran minimum yang harus sobat bayar selambat-lambatnya pada saat jatuh tempo. Biasanya senilai 10 persen dari jumlah total tagihan sobat. tapi, banyak juga pengguna kartu kredit yang tidak tahu konsekuensi dari melakukan pembayaran minimum. Mereka akan dikenakan bunga akan sisa tagihan yang belum terbayarkan. Lalu, bunga keterlambatan biasanyan juga cenderung tinggi sehingga justru akan berbahaya bagi keunagan dan riwayat kartu kredit sobat. dengan begitu, sobat harus selalu bertransaksi sesuai kemampuan sobat dan rutin melunasi tagihan secara penuh pada tiap bulannya.



4. Selain bayar sesuai jumlah, bayarlah tagihan tepat waktu pula

Kesalahan yang paling utama dalam meminjam dana atau menggunakan kartu kredit adalah terlambat dalam membayar atau justru lupa bayar. Hal ini bukan Cuma mempengaruhi jumlah hutang sobat, tapi juga mempengaruhi riwayat kredit sobat. Jadi, misalnya sobat terlambat dalam melunasi hiutang atau membayar tagiha kartu kredit, maka sobat akan menanggung beberapa risiko yaitu semakin menumpuknya hutang dan tagihan kartu kredit, munculnya biaya tambahan yaitu denda atau bunga yang semakin membesar karena telat membayar, dan mempengaruhi riwayat kredit dalam jangkan panjang yang justru akan mempersulit sobat pada saat membutuhkan pinjaman dana di masa depan. Karena itulah sobat harus mencatat batas pembayaran hutang dan selalu melunasi pembayaran tepat waktu. Dengan cara sederhana inilah sobat bisa menghemat banyak dan terhindar dari jeratan hutang.


5. Mengatur hutang dalam batas aman dan wajar

Hutang selalu mempunyai dampak buruk bagi siapapun. Apalagi jika hutang tidak bisa sobat atur dengan baik, maka akan semakin menumpuk. Tapi siapa bilang bahwa sobat tidak boleh berhutang? Mempunyai hutang memang sah-sah saja selama sobat mempunyai rencana untuk melunasinya dana dapat mengatur hutang sobat dalam batas aman. Maksud dari aman disini adalah dengan membatasi jumlah hutang agar tidak semakin bertambah, namun justru semakin berkurang tiap periodenya. Memang hutang merupakan pinjaman pribadi cepat, namun jangan sering dijadikan sebagai solusi tiap kali sobat sedang tidak punya uang. Contoh, sobat boleh mempunyai hutang katu kredit selama jumlahnya di abwah 30% limit kartu. Namun, sobat juga harus bisa mencicilnya secara terperinci agar jumlahnya selalu menurun dan jangan sampai lebih dari 30%. Dengan teknik inilah maka sobat bisa mempunyai hutang dengan aman dan tidak akan terjerat oleh hutang.



6. Mempertahankan akun lama

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan oleh debitur adalah menutup akun lamanya. Misal, sobat menutup kartu kredit yang sudah lama digunakan, justru tindakan tersebut akan mempengaruhi credit score sobat. saat sobat menutup sebuah akun kartu kredit, maka total nilai kredit yang tersedia akan otomatis berkurang dan meningkatkan credit utilization ratio. Mempertahankan akun lama bisa membangun riwayat kredit sobat di mata bank menjadi lebih baik. Karena itulah pertimbangan dengan matang sebelum sobatmemutuskan untuk menutup akun yang sudah sobat gunakan sejak lama. #ODOPOKT13